Sukses

Parenting

Kehamilan Menambah Berat Badan Anda

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan mereka. Berat badan yang seharusnya Anda naikkan tergantung pada index masa tubuh Anda sebelum Anda hamil. Situs womenshealth.gov memberikan sedikit gambaran akan kenaikan berat badan yang semestinya ketika Anda hamil.

Jika Anda memiliki berat badan normal sebelum Anda hamil, sebaiknya kenaikan berat badan tubuh Anda antara 25-30 pounds atau kira-kira 11-13,5 Kg. Jika berat badan Anda di bawah normal, kenaikan berat badan antara 28-40 pound atau 12.5-18 Kg sebaiknya Anda alami. Jika Anda sedikit kelebiha berat badan, sebaiknya berat badan Anda bertambah antara 7 Kg hingga 11 Kg. Terakhir, jika Anda obesitas, Anda harus mengalami kenaikan berat badan antara 5 Kg hingga 9 Kg.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui sebanyak apa berat badan yang sebaiknya Anda alami yang masih tergolong sehat sepanjang masa kehamilan Anda. Yang perlu perhatikan adalah, kenaikan berat badan yang Anda alami sebaiknya terjadi perlahan-lahan. Pada umumnya, kenaikan berat badan terjadi pada trisemester terakhir. Biasanya dokter menyarankan Anda untuk menaikkan berat badan secara berkala yakni 0,9 Kg hingga 1,8 Kg sepanjang trisemester pertama dan 1,35 Kg hingga 2,8 Kg per bulan selama trisemester kedua dan ketiga.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading