/kesehatan/26092-bayi-sungsang-melahirkan-normal-atau-sesar.html

Bayi Sungsang, Melahirkan Normal Atau Sesar?

Sabtu, 13 Juli 2013 11:42



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Jika Anda melakukan pengecekan kehamilan dan mengetahui bahwa janin Anda dalam posisi sungsang atau terbalik, apa yang harus Anda lakukan? Pertama-tama, tarik nafas yang dalam, karena pada minggu ke 32, ¼ bayi memang dalam posisi sungsang. Kebanyakan dari mereka berbalik kepada posisi kepala dibawah pada minggu-minggu berikutnya. Hanya 3 sampai 4% yang tetap dalam posisi sungsang pada minggu ke 37 kehamilan.

Apa yang harus Anda lakukan jika bayi anda tetap menempati posisi terbalik? Kecil persentase untuk bayi terlahir sungsang, namun bukan berarti tidak ada. Bayi yang terlahir sungsang lahir dengan kaki terlebih dahulu dan diakhiri dengan kepala.

Seperti yang dimuat oleh pregnancy.org, sebelum tahun 1950-an, kebanyakan bayi sungsang dilahirkan secara normal. Pada tahun setelahnya, melahirkan dengan operasi atau sesar menjadi marak dilakukan dan dipilih oleh wanita hamil yang memiliki janin dalam posisi sungsang.

Anda juga dapat membuat janin yang anda kandung untuk berbalik dengan melakukan beberapa hal seperti tidur dengan posisi menyamping, terapi menggunakan cahaya, musik, akupuntur, air, dan sebagainya. Namun, jika itu tidak berhasil, Anda dapat melahirkan bayi sungsang secara normal dengan aman jika janin anda bayi anda dalam posisi sungsang yang tegak lurus, memiliki ukuran yang normal, dan anda tidak memiliki kelainan pada panggul dan rahim Anda.

Namun jika Anda memiliki beberapa masalah yang tidak memungkinkan Anda melahirkan bayi sungsang secara normal, Anda bisa memilih operasi sesa, meskipun banyak penelitian menunjukan bahwa melahirkan bayi sungsang secara normal cukup aman bagi si bayi dan ibu. Namun karena belum banyak dokter yang bisa melakukannya, prakteknya masih sedikit dilakukan.

Oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/rsk)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

17 November - 23 November
Masalah pekerjaan tidak ada masalah Anda mendapatkan banyak sekali tawaran side...