Sukses

Parenting

Bahaya Vaksin Rubella

Sudah tahukah Anda mengenai berbagai macam jenis vaksin? Apalagi vaksin yang bisa saja menjadi ancaman bagi kehamilan Anda? Nah, kali ini kita akan sedikit membahas mengenai vaksin MMR. Sudah tahukan maksudnya MMR?

MMR merupakan kepanjangan dari Measless, Mumps dan Rubella. Tiga tipe vaksin yang menjadi kesatuan utuh dalam MMR. Namun, setiap jenis vaksinnya memiliki kemungkinan bahaya yang berbeda.

Wah, ini dia yang wajib Anda mengerti. Sebenarnya, ada sebuah penelitian yang dikutip oleh babycenter.com, yang menyatakan bahwa tidak ada bahaya dalam pemakaian vaksin MMR ini. Tapi, beberapa ahli membuat hipotesa, karena memang secara teori vaksin-vaksin itu sangatlah berbahaya.

Sebagai contoh adalah vaksin rubella. Selama ibu mengandung, mungkin saja pernah disuntikkan vaksin ini. Tetapi hal ini tidak akan berbahaya jika dilakukan ketika Anda belum dinyatakan hamil. Artinya masih dalam masa-masa awal kehamilan, mungkin tingkat bahayanya masih minimum.

Tapi jika itu sudah terjadi pada fase-fase menengah kehamilan, hasilnya bisa saja berbeda. Beberapa ahli menyimpulkan beberapa alasan mengenai bahaya vaksin rubella ini. Menurut mereka, vaksin rubella akan sangat berbahaya bagi balita terutama untuk perkembangan mental dan fisiknya.

Secara teori, dimungkinkan akan sangat berpengaruh pada kondisi bayi terutama beberapa kemungkinan yang akan muncul adalah keterbelakangan mental, ketulian, masalah mata dan kemungkinan juga serangan jantung.

Penyakit-penyakit ini belum tentu muncul. Namun, melihat risiko yang begitu besar, cukup berbahaya jika tidak diperhatikan. Iya kalau teori para ahli itu salah, tapi bagaimana jika benar-benar terjadi. Karena kita belum benar-benar tahu akan segala kemungkinan ini, sepertinya memang lebih baik tetap waspada dan wajib selalu mengontrol ke dokter ahli.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading