Sukses

Parenting

Strategi Supaya Anak Tidak Takut Diimunisasi

Faktor terpenting supaya anak tenang saat akan diimunisasi berada pada anda, sebagai orang tua. Apabila anda tenang, anda akan memiliki kekuatan yang lebih untuk membuat anak anda merasa lebih tenang. Berikut adalah beberapa strategi berdasarkan www.everydayhealth.com yang dapat anda praktekkan supaya anak tidak takut diimunisasi.

1.    Tenangkan dirimu

Zak Zarbock, MD, seorang dokter anak di South Jordan, Utah, mengatakan bahwa beliau sering bertemu dengan orang tua yang takut dengan jarum suntik. Ketakutan orang ini berdampak pada anak sehingga anak lebih takut untuk diimunisasi. Beliau juga memberi saran bahwa meskipun orang tua juga merasa takut dengan jarum suntik, hendaknya orang tua lebih tenang supaya anak merasa lebih nyaman.

2.    Komunikasikan jadwal imunisasi dengan anak

Mengkomunikasikan jadwal imunisasi serta pentingnya imunisasi dengan anak akan mampu membuka pemikiran anak mengenai imunisasi lebih jauh. Anak akan lebih sadar diri akan kebutuhan mereka terhadap imunisasi sehingga tidak takut jika diimunisasi.

3.    Berikan hadiah

Memberikan hadiah untuk anak setelah imunisasi merupakan sebuah strategi yang patut dicoba. Hadiah yang ditawarkan pada anak merupakan kekuatan sendiri bagi anak untuk melakukan imunisasi.

4.    Buat mereka tertawa

Setelah anak melakukan imunisasi, berikan lelucon atau cerita pada anak supaya mereka lupa dengan rasa sakit bekas imunisasi. Membuat mereka tertawa juga mampu menghindarkan anak dari rasa jera dengan imunisasi.

Nah, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi. Cobalah beberapa strategi di atas. Siapa tahu dapat mengurangi rasa takut pada anak. Selamat mencoba!

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading