Mendengkur Picu Kegemukan

Senin, 05 Oktober 2009 07:00



Mendengkur saat tidur (c) sleepdisorder advice Vemale.com - Tetapi tahukah Anda bahwa mereka yang mendengkur tatkala tidur membakar lebih banyak kalori dari pada mereka yang tidak mendengkur?

Para ilmuwan meneliti bahwa orang yang mendengkur membakar sekitar 2000 kalori, sedangkan mereka yang tidak mendengkur hanya membakar 1600-an kalori saat tidur.

Apakah ini baik?

Tentu tidak! Sekalipun mereka yang mendengkur membakar kalori lebih banyak ketimbang mereka yang tidak mendengkur, tetapi ini hanya dilakukan pada saat tidur. Sedangkan pada aktivitas lain, mereka yang biasa mendengkur membakar kalori jauh lebih kecil nilainya ketimbang yang tidak.[break]

Mengapa bisa begitu?

Alasan ilmiah yang ditemukan para peneliti adalah, mereka yang mendengkur memiliki kecenderungan sulit bernafas saat tidur, tidur tidak nyenyak, dan kualitas tidur buruk, dibandingkan yang tidak mendengkur.

Saat kualitas tidur terganggu, tentunya aktivitas keesokan harinya akan terganggu pula. Energi yang dihasilkan lebih kecil, karena otot-otot tubuh tidak relaks dan kurang istirahat. Secara otomatis mereka akan lebih pemalas dan enggan melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak energi.

Akibatnya, mereka yang mendengkur tak terlalu suka berolahraga atau bergerak saat beraktivitas. Di sinilah kemudian lemak dan kalori bertumpuk sehingga orang yang mendengkur cenderung lebih mudah gemuk.

Jadi jika Anda memiliki masalah dengan 'mendengkur' segera konsultasikan dengan dokter Anda, sebelum berkembang menjadi hal yang mengancam kesehatan Anda. (g.beauty/bee)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...