Sukses

Parenting

Pica Atau Ngidam Pada Saat HamilPica Atau Ngidam Pada Saat Hamil

Pada saat hamil, seorang wanita pasti memiliki banyak keinginan dan sulit merasa senang. Seringkali meminta hal yang sulit dipenuhi dan harus bisa dipenuhi. Gejala ‘ngidam’ ini sudah sangat wajar dan pasti dialami oleh ibu hamil. Namun, pernahkah mendengar tentang ‘pica’?

Pica berasal dari bahasa Latin yang berarti burung magpie. Burung magpie adalah spesies burung yang dikenal bisa memakan benda apapun yang ditemuinya. ‘pica’ adalah fenomena yang terjadi pada ibu hamil yang mirip dengan ‘ngidam’. Akan tetapi, jika seorang ibu hamil ngidam akan meminta makanan-makanan atau minuman yang susah dicari, ‘pica’ adalah ngidam untuk hal-hal yang tidak bisa dimakan.

Menurut babycenter.com, pica adalah keinginan untuk mengkonsumsi benda-benda yang tidak selayaknya dimakan, seperti tanah liat, es, kulit kayu, ampas kopi atau cete, dan bahkan abu. Fenomena ini seringkali terjadi pada ibu hamil, meskipun studi menemukan bahwa hal ini juga bisa terjadi pada siapa saja.

Para ahli memperkirakan bahwa pica terjadi akibat kombinasi dari keadaan otak yang sedang dalam pengaruh sejumlah hormon yang menyebabkan anda menginginkan hal yang tidak normal diinginkan pada saat hamil. Karena berasal dari hormon yang sedang tidak terkendali akibat kehamilan dan dipengaruhi oleh kondisi psikologis ibu hamil tersebut, pica sering kali tidak terkontrol dan sulit dihentikan. Terkadang, ibu hamil melakukan pica tanpa sadar dan tidak bisa mengingatnya.

Mamor Adi P

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading