/kesehatan/25804-cara-menggunakan-asthma-inhaler-dengan-benar.html

Cara Menggunakan Asthma Inhaler Dengan Benar

Jum'at, 12 Juli 2013 11:02



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Asthma inhaler merupakan obat hirup bagi penderita asma yang sudah sangat popular. Obat ini juga dapat dibawa ke mana-mana penderita pergi sehingga sangat handy dan fleksibel. Sayangnya, tidak semua penderita menggunakan asma inhaler ini dengan cara yang benar. Bagaimana dengan Anda?

Sebuah survey yang dilakukan terhadap 1000 orang yang kemudian dipublikasikan di jurnal Annals of Allergy asma &Immunology dan tercantum di www.everydayhealth.com, menyatakan bahwa setengah responden dalam survey tidak menggunakan inhaler dengan benar. Hal tersebut tentu saja memberikan efek buruk, seperti keadaan asma yang tidak terkontrol dengan maksimal.

Berdasarkan www.everydayhealth.com, seorang pakar di bidang alergi di Nationwide Children’s Hospital di Columbus, Ohio, Sumit Shah, MD menyatakan bahwa menggunakan inhaler dengan benar memang pekerjaan yang sulit. Bahkan, seorang dokter dan perawat yang sudah terdidik pun sering menggunakan inhaler dengan cara yang salah.

Lalu bagaimana cara menggunakan inhaler dengan cara yang benar? Berikut adalah beberapa tips versi www.everydayhealth.com yang mungkin dapat membantu Anda menggunakan inhaler dengan cara yang benar.

• Duduk tegak,

• Kocok inhaler Anda,

• Keluarkan nafas Anda,

• Apabila Anda menggunakan spacer device, semprotkan obat Anda ke spacer dan hisap serta ambil nafas dalam-dalam secara perlahan sambil menekankan mulut spacer dengan bibir Anda,

• Setelah bernafas dalam pengobatan ini, tahan nafas Anda selama 10 detik,

• Ulangi lagi setelah satu menit,

• Bersihkan mulut Anda.

Nah, silakan mencoba. Berkonsultasilah dengan dokter Anda lebih lanjut karena bentuk inhaler tiap penderita biasanya berbeda. Semoga bermanfaat!

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/rsk)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

27 Oktober - 2 November
Anda mengalami kegalauan di bidang karir Ladies Anda harus lebih banyak...