Sukses

Parenting

Perkembangan Janin Minggu 15

Setelah bayi Anda mampu menggenggam tangan, lalu apa yang bisa dia lakukan di minggu kelima belas?

Dikutip dari parenting.com, pada minggu kelima belas, berat badan bayi Anda akan naik ¾ ons. Dia juga akan memiliki panjang tubuh kira-kira sebanyak 4.5 inchi bila diukur dari kepala ke kaki.

Tidak hanya itu, bayi Anda juga mulai memiliki rambut halus atau bulu yang disebut lanugo. Rambut juga mulai tumbuh di kepalanya, dengan warna yang berubah-ubah. Kemudian, alis mulai tumbuh.

Bayi Anda juga mulai bisa cegukan. Namun, cegukan itu tidak bersuara karena trakea bayi Anda dipenuhi oleh air; bukan udara.

Pada hari-hari di minggu ke-15, And harus mulai belajar mengatur nafas. Pasalnya, uterus Anda mulai mengembang dan mendorong diafragma, yang mempersempit ruang paru-paru.

Walaupun tidak berbahaya, namun Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda ketika Anda sangat susah untuk bernafas, jemari Anda mulai membiru, dan jantung Anda terasa sakit.

Anda juga disarankan untuk mendapat suntikan flu agar terhindar dari pneumonia. Untuk mengetahui kesehatan dan perkembangan bayi Anda dari resiko Down Syndrome dan spina bifida, Anda juga disarankan untuk tes darah (triple screen).

Dalam tes itu, akan ada 50 dari 1.000 perempuan yang diberitahu bahwa bayi mereka memiliki resiko kedua penyakit tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena hanya 2 dari 50 bayi tersebut yang terlahir positif down syndrome dan spina bifida.

Oleh: Nastiti Prima

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading