Sukses

Parenting

Obat-Obatan Selama Hamil, Amankah?

Ada kalanya ibu hamil mengalami pusing maupun flu ringan di musim pancaroba dan dia memutuskan untuk meminum obat bebas yang biasa dia konsumsi tanpa berkonsultasi dengan dokter. Amankah tindakan seperti ini? Berikut ini penjelasan seperti yang dikutip dari webmd.com.

Seorang wanita yang sedang hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan bebas secara sembarangan tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dikarenakan tidak semua obat-obatan bebas yang beredar di masyarakat komposisinya aman bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya.

Sebelum memutuskan untuk meminum obat, ibu hamil sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan berkonsultasi, dokter akan memberi tahu obat mana yang aman bagi kesehatan ibu hamil dan janin di dalam rahim.

Begitu pula dengan suplemen tambahan yang hendak dikonsumsi ibu hamil selama dalam masa kehamilan. Sekalipun terdapat label “alami” atau “aman bagi ibu hamil” pada kemasan suplemen, ibu hamil tidak bisa langsung memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen tersebut tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Ada baiknya apabila ibu hamil tidak menggantungkan diri kepada obat-obatan selama masa kehamilan. Sebaliknya, penggunaan ramuan herbal lebih disarankan untuk dikonsumsi ketika ibu hamil jatuh sakit. Namun, tetap konsultasikan ramuan herbal yang ibu hamil akan konsumsi kepada dokter karena tidak semua tanaman herbal aman bagi ibu hamil dan janinnya.

Pravianti Ayu Mirantiraras

      

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading