Sukses

Beauty

Efek Samping Albuterol Bagi Penderita Asma

Albuterol adalah salah satu jenis pelega serangan asma jangka pendek yang banyak dipilih oleh penderita asma. Albuterol dikenal juga dengan sebutan short-acting bronchodilator. Ketika serangan asma menyerang, alburetol dapat dengan cepat menghentikan serangan asma dengan cara melebarkan saluran pernafasan dalam hitungan menit.

Albuterol banyak digunakan melalui inhaler seperti ProAir HFA dan Ventolin HFA. Albuterol bisa juga dikonsumsi dalam bentuk tablet atau sirup.

Beberapa penderita asma yang menggunakan albuterol kurang mengetahui bahwa albuterol memberikan beberapa efek samping seperti:

a. Gelisah yang berlebihan

b. Perasaan gugup

c. Mudah marah

d. Tremor

e. Irama jantung yang tidak teratur

Namun, kasus tremor dan irama jantung yang tidak teratur jarang sekali ditemui.

Seperti yang dikutip dari mayoclinic.com, efek samping albuterol yang dikonsumsi dalam bentuk tablet dan sirup lebih buruk dibandingkan albuterol dalam bentuk inhaler. Selain itu, semakin tinggi dosis albuterol yang digunakan, semakin tinggi pula efek samping yang ditimbulkan.

Untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan albuterol, disarankan agar para penderita asma menggunakan albuterol bersama dengan inhaler daripada mengonsumsi albuterol dalam bentuk tablet maupun sirup.

Para penderita asma juga bisa mencoba jenis obat-obatan asma yang bereaksi dengan cepat lainnya seperti levalbuterol atau pirbuterol.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading