Sukses

Beauty

Deodoran Sebabkan Kanker Payudara. Benarkah?

Pernahkan Anda mendengar bahwa pemakaian deodorant dapat sebabkan kanker payudara? Alasan yang sering kita dengar mengenai hal itu adalah karena pemakaian bahan – bahan kimia pada deodoran. Lalu, bagaimana faktanya? Apakah deodoran benar – benar berbahaya?

Menurut banyak penelitian yang telah dilakukan, zat berbahaya yang sering disebut menjadi penyebab kanker payudara adalah Paraben. Paraben sering kali dipergunakan sebagai bahan pengawet dalam kosmetik. Pemakaian paraben inilah yang disinyalir menjadi sumber utama kabar mengenai pengaruh deodoran yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

Akan tetapi, Anda tidak usah khawatir. Sejak diketahui bahaya apa yang ditimbulkan paraben, pemerintah telah membatasi pengunaannya.

Semenjak pelarangan penggunaan paraben pada industry makanan maupun kosmetik, penggunaan paraben telah jauh menurun. Hal ini termasuk pada produksi deodorant.

Menurut penelitian yang terakhir, yang tercantum pada webmd.com, hubungan antara tumbuhnya sel kanker payudara pada wanita tidak bisa dihubungkan dengan kebiasaan pemakaian deodoran. Hal ini terbukti dari responden yang terbukti mengidap kanker payudara ternyata kebanyakan dari mereka tidak menggunakan deodoran.

Sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir untuk menggunakan deodoran. Yang perlu Anda waspadai adalah kemungkinan terkandungnya paraben pada kosmetik, makanan atau minuman instan yang sering Anda konsumsi.

Selama kita bijak dalam memilih dan memilah apa yang akan kita gunakan dan konsumsi, kemungkinan terkena penyakit akan semakin mengecil.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading