Sukses

Beauty

Depresi atau Perasaan tak Termotivasi untuk Sembuh

Perasaan Anda mengenai kanker payudara yang Anda miliki, mengenai perawatan yang Anda jalani, dan usaha yang Anda lakukan akan menuntun Anda pada jalan menuju kesembuhan dan akan mempengaruhi sebagaimana baik Anda untuk tetap berpegang teguh pada proses penyembuhan Anda.

Jika Anda mengalami depresi, sebagaimana beberapa orang yang memiliki kanker payudara rasakan, Anda mungkin merasa seolah Anda tidak memiliki energi untuk melanjutkan pengobatan. Atau mungkin juga Anda sudah merasa muak dan marah dengan seringnya janji bertemu dokter dan banyaknya obat yang harus Anda minum. Jika perasaan tersebut mulai muncul pada diri Anda, kemungkinan besar disebabkan oleh perasaan bahwa pil tersebut merupakan pengingat harian bahwa kanker payudara masih bersemayam di dalam tubuh Anda dan tak kunjung menghilang.

Yang terpenting ketika perasaan depresi itu melanda, www.breastcancer.org menyarankan Anda untuk melakukan hal-hal berikut. Pertama, pikirkan bahwa kanker payudara adalah penyakit kronis, seperti halnya diabetes, tekanan darah rendah, atau asma. Pikirkan pula bahwa kanker payudara yang ada di dalam tubuh Anda bukanlah penyakit yang membahayakan jiwa.

Kedua, jika Anda memiliki pertanyaan apapun yang berkaitan dengan kanker payudara dan pengobatannya, tanyakan kepada dokter atau perawat Anda hingga Anda benar-benar mengerti. Dengan mengetahui apa yang tengah Anda jalani selama pengobatan akan membantu Anda merasa termotivasi untuk meneruskan pengobatan Anda. Jika Anda meragukan apakah perawatan Anda berjalan dengan abaik atau tidak, segera beri tahukan hal tersebut kepada dokter Anda.

Selanjutnya, Anda dapat meminta bantuan dokter Anda untuk mengurangi rasa depresi Anda. Selain itu, bergabunglah dengan grup yang terdiri dari orang-orang yang telah berhasil dalam memerangi kanker payudara yang pernah mereka miliki.

Penulis: Ratih Kristianasari

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading