Apakah Penyakit Asma Menular?

Rabu, 10 Juli 2013 15:31



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Sering disayangkan, banyak orang – orang di sekitar kita menganggap penyakit asma merupakan penyakit menular. Kebanyakan kesimpulan seperti itu diambil dari pengamatan bahwa setiap orang tua yang menderita penyakit asma pasti memiliki anak dengan penyakit tersebut juga.

Namun, sesungguhnya penyakit asma bukanlah penyakit menular. Bunda tidak perlu melarang si kecil bergaul dengan temannya yang mengidap penyakit asma, karena penyakit asma hanya timbul karena faktor alergi dan keturunan saja.

Seperti yang dijelaskan pada ehow.com, penyakit asma adalah penyakit yang timbul akibat adanya gangguan pada saluran pernafasan. Gangguan tersebut tidak disebabkan oleh virus atau bakteri melainkan alergi terhadap sesuatu atau faktor genetika.

Fenomena penyakit asma saat ini jauh meningkat. Diperkirakan ada 300juta kasus penyakit asma terjadi di dunia. Penyebabnya bukan karena penyakit ini menular, tetapi meningkatnya faktor allergens, sesuatu yang memicu alergi, di lingkungan kita seperti polusi udara dan lain – lain.

Cara mencegah penyakit asma adalah bukan dengan menjauhi para penderitanya, tetapi mencegah faktor yang menyebabkan alergi yang kemudian berujung pada serangan asma. Jadi mengenali allergens pada diri Anda sendiri sangat penting.

Jika si kecil atau Anda sendiri menunjukkan gejala – gejala penyakit asma seperti sesak nafas dan mengi, jangan menyalahkan para penderita asma di sekitar Anda. Pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut mengenai gejala yang Anda alami merupakan tindakan yang lebih baik.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/tyn)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

22 September - 28 September
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...