Sukses

Beauty

Apakah Peak Flow Meter itu?

Apabila anda penderita asma atau anda memiliki kerabat keluarga yang memiliki asma, istilah peak flow meter mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Namun, bagi anda yang masih asing dengan asma, mungkin anda belum mengenal peak flow meter. Lalu, apakah sebenarnya peak flow meter itu?

Peak flow meter merupakan sebuah alat yang mudah dibawa kemana-mana, dioperasikan dengan tangan, dan digunakan untuk mengukur berapa udara yang mengalir dari paru-paru anda dalam satu kali hembusan. Dengan kata lain, peak flow meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan anda dalam mendorong udara keluar dari paru-paru.

Sebagian besar penderita asma sudah memiliki alat ini karena alat ini dianggap memberikan banyak keuntungan ketika penderita asma sedang dalam perawatan asma. Dengan menggunakan alat ini, penderita akan lebih mudah dalam mengontrol asma yang diderita. Dengan terkontrolnya asma, gejala-gejala asma tidak akan mudah kambuh kan?

Berdasarkan www.lung.org, peak flow rates yang dihasilkan oleh peak flow meter dapat memberikan tanda apabila asma anda semakin memburuk. Bahkan peak flow meter juga dapat memberikan tanda sebelum gejala-gejala asma muncul. Bukan hanya itu saja peak flow meter dapat memberikan tanda apakah asma anda membaik atau memburuk dengan perubahan peak flow rates yang ditunjukkan.

Peak flow meter juga dapat membantu anda dan dokter anda untuk mengidentifikasi penyebab asma anda ketika berada di rumah, di kantor, dan di manapun anda berada. Dengan mengetahui penyebab asma, anda tentu saja dapat melakukan tindakan preventif supaya asma tidak menyerang, bukan?

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading