Sukses

Parenting

3 Tips Mengatasi Bekas Luka Anak

Bermain merupakan aktifitas yang menyenangkan bagi anak. Dengan semangat penuh dan keceriaan yang terpancar, anak dapat berlari dari ujung ke ujung taman, lapangan, ruangan, atau mungkin teras rumah. Bagaimana jika anak terjatuh?

Anak mungkin terjatuh ketika mereka berlari atau berjalan. Akibat terjatuh ini, akan muncul bekas luka berupa goresan pada kulit anak. Menenangkan dan mengatasi bekas luka anak kemudian menjadi tugas daripada orang tua.

Robin Gehris, MD, seorang dokter kulit anak dari Pittsburgh, seperti yang tercantum di www.parenting.com mengungkapkan bahwa sebagian besar bekas luka dapat menghilang seiring waktu dan dengan perawatan yang baik. Berikut adalah 3 tips mengatasi bekas luka pada anak seperti yang tercantum di www.parenting.com.

Sesegera mungkin

Setelah anak jatuh dan terluka, bersihkan luka anak sesegera mungkin dengan menggunakan sabun dan air. Jahitan mungkin diperlukan untuk menutup luka anak. Anda bisa menghubungi dokter jika merasa mendapatkan kesulitan.

Sementara luka mengering

Jika luka anak anda dijahit, ikutilah petunjuk dokter dalam merawat luka anak.Jika anda ingin merawat luka sendiri, Dr. Gehris menyarankan untuk tetap menjaga luka tetap dalam keadaan lembab. Ganti perban penutup luka dua kali sehari, bersihkan dan berikan salap.

Setelah luka mongering

Pada tahap ini, berikan pijatan secara lemah lembut pada daerah luka selama beberapa menit selama dua atau tiga kali sehari. Apabila bekas luka masih nampak pada kulit dan anak atau anda sebagai orang tua merasa terganggu, jangan segan untuk berkonsultasi kepada dokter kulit anda.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading