Sukses

Beauty

Bagaimana Mengatasi Sakit Kepala Saat Sedang Berpuasa?

Sakit kepala adalah penyakit yang lumrah menyapa saat sedang menjalankan ibadah puasa. Bagi sebagian orang sakit ini cukup mengganggu konsentrasi dan membuat diri sendiri tidak nyaman. Aktivitas juga ikut terganggu, apalagi jika jam berbuka masih panjang.

Haruskah membatalkan puasa jika sedang sakit kepala?

Menurut Dr Farouk Haffejee, dari Islam Medical Association of South Africa, seperti dikutip dari Indiatimes, sebenarnya sakit kepala bisa disembuhkan tanpa harus membatalkan puasa. Syaratnya satu, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab umum sakit kepala ada beberapa, sebagai berikut:

Kurang tidur dan istirahat

Biasanya mereka yang sangat aktif dan punya banyak kesibukan kurang memiliki waktu istirahat. Dan bahkan saat menjalankan ibadah puasa, mereka biasanya tidur larut di malam hari dan masih harus berbuka sahur. Akibatnya jam tidur jadi terpotong dan kurang.

Keesokan hari, sakit kepala jadi menyerang karena tubuh yang kelelahan. Sekalipun berpuasa, pastikan agar tidak sampai kekurangan tidur dan istirahat.

TIPS:

  • Curi waktu tidur siang setidaknya 15-20 menit sehingga tubuh terbantu istirahat dan lebih segar.
  • Biasakan juga tidur tidak terlalu larut sehingga tubuh tidak terlalu kelelahan.

Lapar sepanjang hari

Menahan lapar dan emosi sepanjang hari bukanlah suatu hal yang mudah. Dibutuhkan lebih dari niat karena disiplin memilih nutrisi juga sangat penting sehingga lapar tidak menjajah dan menguasai tubuh.

Pilih menu yang terbaik, yang memberikan nutrisi penting serta membuat tubuh kenyang lebih lama.

Kurangi konsumsi kafein

Baik teh maupun kopi, umumnya mengandung kafein cukup tinggi. Disarankan agar lebih baik mengurangi konsumsi kafein dan membatasinya sepanjang Ramadan.

Menurut Dr. Farouk sendiri, sebenarnya sejak dua minggu sebelum puasa, menu makan dan kebiasaan sudah mulai diatur sehingga tubuh tidak kaget. Mulai dari menambah jam istirahat, mengurangi konsumsi kafein, nikotin, serta menyisihkan hal-hal atau aktivitas yang mengganggu kualitas tidur seperti menonton televisi, membaca buku dan bermain internet.

Setidaknya memang lebih baik dipastikan agar tidur cukup 8 jam setiap harinya untuk membuat tubuh tetap bugar. [initial]

BACA JUGA:

10 Jenis Kurma Yang Populer di Dunia

Tips Agar Anak Mudah Bangun Sahur

Gizi Lengkap, Puasa Sehat Dan Kuat

Daftar Makanan Sehat Saat Berpuasa

Tips Menyimpan Makanan Kering Saat Puasa

Koleksi Busana Muslim Untuk Idul Fitri Tahun Ini

Tutorial Tampil Modis Dan Simpel Dengan Jilbab Segiempat

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading