Sukses

Parenting

Pastikan Obat dan Dosis yang Tepat Untuk Anak

Ketika anda berbicara tentang obat-obatan dan anak anda, jangan sekali-kali berpikir kalau anak anda pasti memerlukan setengah dosis dari orang dewasa seperti yang dinyatakan di nlm.nih.gov. Anak dan obat-obatan adalah dua hal yang seharusnya saling bersesuaian karena biasanya anak terlalu rentan dan obat-obatan yang dikonsumsi terlalu kuat.

Sebagai orang tua atau yang mengasuh anak anda, sebaiknya anda tahu tentang kesesuain obat dan dosis yang tepat untuk anak anda. Apabila anda mendapatkan obat melalui resep dokter, jangan lupa untuk menanyakan dengan jelas pada apoteker tentang aturan konsumsi dan dosisnya.

Pengetahuan tentang obat yang dikonsumsi anak anda juga penting. Apalagi kalau anda membeli obat yang dijual tanpa resep dokter. Label yang terdapat pada obat akan sangat membantu anda untuk menentukan apakah obat tersebut sesuai untuk anak anda dan efek obat tersebut untuk kesehatah anak setelah mengonsumsinya.

Pada label obat biasanya tercantum apakah obat tersebut telah diuji efeknya pada anak-anak. Selain itu, bahan-bahan pembuat obat juga selalu tercantum dan bahkan aturan pakai juga tersedia. Oleh sebab itu, seharusnya anda selalu mengikuti apa yang tercantum pada label obat demi keselamatan dan kesehatan anak.

Jangan sekali-kali mencoba memberi anak anda obat yang khusus untuk orang dewasa. Dalam hal ini, menebak sangat tidak dianjurkan. Alangkah baiknya bila anda memiliki pengetahuan umum tentang obat daripada hanya menebak isi dan fungsinya saja.

Oleh: Indah Wahyuni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading