/kesehatan/25027-mengi-itu-apa-ya.html

Mengi Itu Apa Ya?

Jum'at, 05 Juli 2013 23:01



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Asma adalah sesak napas yang disebabkan oleh penyempitan saluran pernapasan karena peradangan atau pembengkakan yang bisa muncul karena alergi atau sebab lain. Nah, sewaktu asma kambuh saluran pernapasan akan menyempit dan ketika udara dipaksa melewati saluran sempit tersebut akan menimbulkan suara khas orang yang sedang asma. Dalam bahasa kita suara itu disebut dengan ’mengi’ atau dalam bahasa Inggris ‘Wheeze’.

Munculnya suara mengi mengindikasikan adanya peradangan di saluran pernapasan yang, kalau tidak ditangani, akan menyebabkan asma kambuh. Anda tidak mau asma Anda atau keluarga Anda kambuh kan? Maka dari itu Anda harus memperhatikan semua gejala penyebab asma, tak terkecuali munculnya suara mengi ini.

Menurut everydayhealth.com, munculnya suara mengi ini berarti asma Anda sudah mulai kambuh. Jadi akan agak terlambat jika Anda menunggu suara mengi ini muncul terlebih dahulu. Akan tetapi, itu tidak berarti mengi ini tidak bisa ditangani.

Seperti menangani gejala asma yang lain, untuk penanganan pertama Anda bisa menggunakan inhaler. Inhaler ini akan berfungsi sebagai pelega pernapasan yang menurunkan reaksi alergi dan peradangan dalam saluran pernapasan Anda hanya dalam waktu 10 menit. Dengan begitu, Anda akan mampu bernapas seperti normal lagi dan, tentu saja, tidak lagi mengeluarkan suara mengi.

Namun Anda juga harus mempertimbangkan hal lain seperti efk jangka panjang dari penggunaan inhaler. Pasalnya, ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa bahan dasar yang digunakan dalam inhaler akan menyebabkan ketergantungan dan memperparah asma Anda.

Oleh: Sony Anshar

(vem/tyn)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...