Sukses

Parenting

Apakah Kebutuhan Serat Anak Anda Sudah Terpenuhi?

Apakah anak anda pernah mengalami konstipasi? Konstipasi yang menyebabkan anak sulit buang air besar mungkin pernah dialami anak anda. Penyebabnya mungkin anak anda masih kurang mengkonsusmsi jumlah serat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi keburuhan  serat setiap harinya. Kebutuhan serat yang masih kurang ini lah yang membuat anak anda mengalami kesulitan untuk buang air besar.

Tahukah anda, bahwa serat yang dibutuhkan oleh anak-anak itu memiliki jumlah yang berbeda loh. Perbedaan kebutuhan atas jumlah serat bagi anak-anak dikelompokkan berdasarkan umur anak.

Berdasarkan superkidsnutrition.com Pada saat anak berumur satu samapi tiga tahun, setiap anak membutuhkan serat sembilan belas gram serat per hari. Untuk anak berusia empat sampai delapan tahun membutuhkan serat dua puluh lima gram per hari.

Bagi anak laki-laki yang berumur sembilan sampai tiga belas tahun membutuhkan tiga puluh satu  gram serat per hari. Sedangkan untuk anak laki-laki berumur empat belas sampai sembilan belas tahun membutuhkan serat tiga puluh delapan gram serat per hari.

Kemudian untuk anak perempuan berumur sembilan sampai sembilan belas tahun membutuhkan serat yang sama, yaitu sebesar  dua puluh enam gram untuk memenuhi kebutuhan seratnya setiap hari. Setelah anak –anak sudah besar dan berumur lebih dari 20 tahun serat yang diperlukan untuk setiap harinya sebesar dua puluh lima sampai tiga puluh lima gram per hari, atau sepuluh sampai tiga belas gram per seribu kalori yang terbuang.

Sangat Penting untuk memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan serat, semoga bisa mencegah datangnya konstipasi.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading