Sukses

Parenting

Penyakit Saat Mengandung: Hepatitis B

Dalam proses mengandung pastinya ada banyak hal yang harus diperhatikan. Termasuk masalah penyakit yang mungkin menyerang si Ibu. Sebenarnya bukan hanya ibunya, tapi pastinya akan berimbas pada kesehatan si Bayi.

Ada beberapa jenis peyakit yang pastinya sangat berpenagaruh bagi ibu dan bayinya. Salah satunya adalah Hepatitis B. Biasanya, penyakit ini menyebar karena hubungan darah. Contoh, sang suami sudah memiliki penyakit ini sebelumnya. Atau mungkin juga dari orang tua. Semuanya memiliki kemungkinan yang sama.

Dalam hal ini si Bayi akan sangat terpengaruh, termasuk melanjutkan regenerasi penyakit itu sendiri. Tidak menutup kemungkinan memang, jika si Bayi akan juga terserang penyakit yang sama dengan ibunya. Menurut parents.com, kasus seperti ini sudah melanda 5 dari 10 orang wanita yang dijadikan sampel. Artinya sekitar 50% wanita punya peluang terserang hepatitis B.

Situs internet itu juga merilis bahwa setidaknya 24.000 bayi lahir dengan mengidap hepatitis B. Lebih mengejutkannya, hampir semua berasal dari darah ibunya.  Wah, harus benar-benar hati-hati nih si Ibu. Terus gimana mencegahnya?

Caranya adalah dengan terus memeriksa kesehatan ibu setiap saat, terutama jika ada virus hepatitis yang kemungkinan menyerang. Karena ternyata masih ada 95% kesempatan mencegah bayi terserang virus hepatitis. Hal ini bisa dilakukan dengan menyuntikkan immuno globulin dan vaksin hepatitis B pada si Bayi pasaca 12 jam kelahirannya.

Nah, sekarang mungkin sudah saatnya Anda untuk mencooba mencari tahu, apakah Anda dalam keadaan sehat atau mungkin dalam keadaaan yang tidak tepat. Hati-hati lho, kita tidak pernah mengetahui kemungkinan yang terjadi. Jadi tidak ada salahya jika Anda mulai melakukan tes darah untuk memastikannya.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading