Sukses

Parenting

Ibu Hamil: Stop Olahraga Jika Alami Ini!

Di saat hamil Bunda masih sempat berolahraga rutin? Jika iya, maka itu kebiasaan yang bagus. Kalau memang tidak ada waktu, maka mulai saat ini Bunda sebaiknya mencuri-curi waktu walaupun hanya 5-10 menit saja.

Berolahraga ketika hamil termasuk itu normal dan menyehatkan. Dokter atau bidan Bunda pasti selalu menyarankan untuk berolahraga secara rutin atau melakukan kegiatan yang tidak membuat Anda pasif. Olahraga itu berguna bagi kesehatan Bunda dan si buah hati.

Akan tetapi, terlalu banyak atau terlalu lama berolahraga bisa menimbulkan suatu masalah. Dengan kata lain berolahraga itu tidak boleh ngoyo atau terlalu memaksakan karena bisa memicu suatu resiko kesehatan. Bagaimanapun juga, kesehatan dan keselamatan wajib diutamakan. Hal ini berlaku baik ketika Bunda sedang hamil ataupun tidak.

Ketika hamil banyak sekali kegiatan yang bisa menimbulkan suatu dampak, seperti contohnya olahraga. Berolahraga bisa juga berdampak buruk bagi kesehatan lho. Jika Bunda mengalami tanda-tanda yang disampaikan oleh americanpregnancy.org berikut ini, Bunda harus segera menghentikan olahraganya.

1. Pendarahan pada vagina

2. Pusing berlebih

3. Nafas lebih pendek

4. Nyeri pada dada dan jantung berdetak lebih kencang

5. Cairan keluar dari vagina

6. Kontraksi rahim

7. Kram otot

8. Sakit atau nyeri pada bagian tubuh yang biasanya tidak dialami

Jadi, jika Bunda sudah mulai merasa lelah, kepanasan, dan pusing segeralah istirahat dan minum air putih yang banyak. Dan jika Bunda mengalami tanda-tanda diatas tadi, sebaiknya Bunda juga mengkonsultasikannya dengan dokter.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading