Sukses

Parenting

Olahraga yang Aman bagi Ibu Hamil

Siapa bilang ibu hamil tidak butuh olahraga? Olahraga sangat penting dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Olahraga teratur dalam masa kehamilan sangat baik untuk meningkatkan mood, mengurangi nyeri selama kehamilan, dan memperbaiki kualitas tidur.

Seperti yang dikutip dari babycenter.com, American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan agar ibu hamil melakukan olahraga sekurang-kurangnya selama setengah jam secara rutin setiap hari. Olahraga diperlukan terutama untuk mempersiapkan otot-otot untuk melahirkan nanti.

Tentunya tidak semua jenis olahraga diperbolehkan untuk dilakukan oleh ibu hamil. Berikut ini adalah jenis–jenis olahraga yang diperbolehkan untuk dilakukan oleh ibu hamil.

a.    Jalan kaki

Jalan kaki adalah jenis olahraga paling mudah dan paling murah yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Jalan kaki bermanfaat untuk melatih otot-otot lutut dan kaki agar tidak kaku.

b.    Menari

Menari juga merupakan olahraga yang mudah dilakukan oleh ibu hamil. Menari dengan diiringi lagu favorit ibu hamil tentu dapat menyegarkan pikiran sekaligus menyehatkan.  Mengikuti kelas menari secara rutin juga merupakan pilihan lain yang dapat diambil.

c.    Berenang

Berenang merupakan jenis olahraga paling aman yang disarankan untuk ibu hamil. Berenang bermanfaat untuk melatih otot lengan ibu hamil. Berenang juga dapat membuat ibu hamil merasa badannya lebih ringan meskipun berat badannya bertambah berkali-kali lipat.  

d.    Senam Aerobik

Senam aerobic untuk ibu hamil adalah senam aerobic dengan gerakan yang ringan. Senam aerobic berguna untuk menguatkan otot jantung ibu hamil.

Pravianti Ayu Mirantiraras

   

 

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading