/kesehatan/24633-menghadapi-anak-yang-sering-ngompol.html

Menghadapi Anak yang Sering Ngompol

Rabu, 03 Juli 2013 20:17



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Kebiasaan ngompol atau nocturnal enuresis biasanya akan hilang dengan sendirinya saat anak Anda beranjak dewasa. Akan tetapi, seperti yang dilansir kidshealth.org, saat kebiasaan tersebut masih melekat pada anak Anda, hal tersebut bisa saja membuat anak Anda malu dan tidak nyaman. Jadi, sangatlah penting memberi dukungan dan komentar positif untuk anak Anda yang sering ngompol.

Yakinkan anak Anda bahwa ngompol itu normal dan merupakan proses untuk menuju kedewasaan. Yakinkan pula bahwa hal tersebut tidak akan bertahan selamanya dan akan menghilang kelak saat ia dewasa. Ceritakan juga beberapa pengalaman dari orang yang juga sering ngompol saat masih kecil.

Anda bisa memotivasinya untuk mengatasi kebiasaan ngompol tersebut dengan memberinya pujian hadiah kecil seperti buku jika ia tidak ngompol selama beberapa hari. Akan tetapi, terus ingatkan anak Anda untuk pergi buang air kecil ke kamar mandi terlebih dahulu sebelum tidur.

Pastikan juga anak Anda minum air yang cukup di siang hari sehingga ia tidak banyak minum di malam hari. Hindari minum minuman berkafein untuk anak Anda.

Saat anak Anda terjaga karena ngompol, jangan memarahi dan menghukumnya. Suruhlah ia untuk mengganti spreinya sendiri. Jelaskan padanya bahwa hal tersebut bukanlah hukuman melainkan bagian dari proses pendewasaan agar ia dapat mandiri.

Nah, apakah anak Anda sering ngompol? Bagaimana Anda menyikapinya?

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/sfg)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

20 Oktober - 26 Oktober
Masalah karir tidak ada masalah yang cukup pelik Anda harus lebih...