/kesehatan/24633-menghadapi-anak-yang-sering-ngompol.html

Menghadapi Anak yang Sering Ngompol

Rabu, 03 Juli 2013 20:17
(c) shutterstock.com

Vemale.com - Kebiasaan ngompol atau nocturnal enuresis biasanya akan hilang dengan sendirinya saat anak Anda beranjak dewasa. Akan tetapi, seperti yang dilansir kidshealth.org, saat kebiasaan tersebut masih melekat pada anak Anda, hal tersebut bisa saja membuat anak Anda malu dan tidak nyaman. Jadi, sangatlah penting memberi dukungan dan komentar positif untuk anak Anda yang sering ngompol.

Yakinkan anak Anda bahwa ngompol itu normal dan merupakan proses untuk menuju kedewasaan. Yakinkan pula bahwa hal tersebut tidak akan bertahan selamanya dan akan menghilang kelak saat ia dewasa. Ceritakan juga beberapa pengalaman dari orang yang juga sering ngompol saat masih kecil.

Anda bisa memotivasinya untuk mengatasi kebiasaan ngompol tersebut dengan memberinya pujian hadiah kecil seperti buku jika ia tidak ngompol selama beberapa hari. Akan tetapi, terus ingatkan anak Anda untuk pergi buang air kecil ke kamar mandi terlebih dahulu sebelum tidur.

Pastikan juga anak Anda minum air yang cukup di siang hari sehingga ia tidak banyak minum di malam hari. Hindari minum minuman berkafein untuk anak Anda.

Saat anak Anda terjaga karena ngompol, jangan memarahi dan menghukumnya. Suruhlah ia untuk mengganti spreinya sendiri. Jelaskan padanya bahwa hal tersebut bukanlah hukuman melainkan bagian dari proses pendewasaan agar ia dapat mandiri.

Nah, apakah anak Anda sering ngompol? Bagaimana Anda menyikapinya?

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/sfg)


Rekomendasi Pilihan

Cara Perawatan Organ Kewanitaan Saat Menstruasi

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Capricorn

23 Januari - 29 Januari

Ada kesempatan baik untuk meningkatkan karier kamu. Tetap berpikir positif. Tidak ada salahnya kamu menerima kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin.

Sedang terhimpit masalah ekonomi. Jangan stres duluan. Cobalah untuk lebih tenang dan jangan bersedih dulu. Semua pasti ada jalan keluarnya.