Sukses

Beauty

Pil Kontrasepsi Pengaruhi Kanker Payudara

Ada bermacam-macam alat kontrasepsi yang bisa digunakan untuk mengontrol kehamilan. Ya, kontrasepsi adalah cara pencegahan kehamilan setelah melakukan aktivitas seksual dengan menghambat sperma mencapai ovum. Atau, mencegah ovum yang dibuahi menempel pada endometrium atau dinding rahim.

Yang mengejutkan adalah, ternyata mengkonsumsi pil KB dapat memperbesar kemungkinan seorang wanita menderita kanker payudara. Lalu seberapa besar bahayanya?

Netdoctor.co.uk menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi pil KB akan meningkatkan peluangnya untuk menderita kanker payudara sekarang dan untuk 10 tahun ke depan. Jadi, risikonya tidak hanya untuk sekarang, tetapi juga untuk masa mendatang.

Mengerikan ya, ternyata. Tentu kita tidak pernah menyangka bahwa risiko yang ditimbulkannya sampai seperti ini. Kita harus lebih waspada lagi pastinya.

Lamanya mengkonsumsi pil KB memang tidak berpengaruh banyak pada risiko yang didapatkan. Faktor lain yang tidak terlalu berpengaruh yaitu dosis dan tipe hormon di dalam pil kontrasepsi.

Namun, satu hal yang harus lebih diperhatikan nih, Ladies, Yaitu umur ketika mulai mengkonsumsi pil ini. Wanita yang mulai mengkonsumsi pil kontrasepsi sebelum umur 20 tahun akan memiliki risiko yang lebih tinggi daripada wanita yang mengkonsumsinya di usia yang lebih tua.

Wah, sudah tahu kan Ladies semua risikonya? Kita sebaiknya lebih waspada lagi ya, dalam memilih alat kontrasepsi terbaik. Memang semua akan memiliki risikonya.

Yuk lebih bijak kedepannya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading