/kesehatan/24381-faktor-utama-penyebab-kanker-payudara.html

Faktor Utama Penyebab Kanker Payudara

Selasa, 02 Juli 2013 20:31



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Hi Ladies, bukti lapangan menunjukkan bahwa fakta menjadi seorang wanita merupakan salah satu faktor terbesar mengapa anda beresiko terserang kanker payudara.

Seperti dilansir di situs breastcancer.org. di Amerika tahun ini terdapat 190,000 kasus baru kanker payudara invasif dan 60,000 kasus baru kanker payudara non-invasif. Meskipun laki-laki juga berpeluan untuk menderita kanker payudara, kurang dari 1% dari semua kasus baru yang menyerang laki-laki. Di Amerika diperkirakan 2,000 laki-laki yang terserang kanker payudara, yang meskipun bukan jumlah yang sedikit namun dibandingkan angka yang ditunjukkan oleh perempuan, kasus kanker payudara pada laki-laki masih tergolong sedikit.

Alasan terbesar mengapa perbedaan rasio antara penderita kanker payudara pada laki-laki dan perempuan begitu besar adalah:

    Perkembangan payudara perempuan biasanya berlangsung selama 3-4 tahun dan payudara perempuan tumbuh optimal pada usia 14 tahun.

    Setelah mencapai pertumbuhan optimal sel-sel payudara masih belum bisa dikategorikan “dewasa” dan akan terus aktif hingga mencapai masa kehamilan. Meskipun belum bisa dikatakan “dewasa”, sel-sel payudara perempuan sangat responsif terhadap estrogen dan juga hormon-hormon lainnya.

Sel-sel payudara laki-laki tidak terlalu aktif dan kebanyakan laki-laki memiliki level hormon estrogen yang rendah.

Ladies, kenapa wanita begitu rentan terserang kanker payudara adalah karena tingginya tingkat responsif dari sel-sel payudara pada perempuan karena stimulasi hormon. Karena itupula tingkat serangan kanker payudara para wanita lebih tinggi daripada laki-laki.

Jadi, pada masa-masa sensitif serta perubahan hormonal pastikan anda secara rutin memeriksa apakah ada kemungkinan memiliki kanker payudara. Penanganan dini akan lebih baik daripada menyesal nantinya.

Penulis : Yudha Yanuar A.

(vem/sfg)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

20 Oktober - 26 Oktober
Masalah karir tidak ada masalah yang cukup pelik Anda harus lebih...