Sukses

Parenting

Permasalahan Selama Kehamilan

Pada tiga bulan pertama kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami rasa mual dan ingin muntah. Meski dikenal dengan istilah “Morning Sickness”, fenomena tersebut dapat terjadi kapan pun; tidak hanya di pagi hari. Akan tetapi, morning sickness akan berkurang ketika Anda memasuki trisemester kedua kehamilan. Morning sickness yang dialami ibu hamil dapat bervariasi. Oleh karena itu, beruntunglah bagi Anda yang tidak mengalami morning sickness yang parah.

Seperti yang dilaporkan oleh www.womenshealth.gov, untuk mengurangi morning sickness yang Anda alami, Anda dapat melakukan hal-hal sebagai berikut. Pertama, daripada makan tiga kali sehari seperti yang biasa Anda lakukan, makanlah beberapa kali dengan porsi yang lebih kecil untuk memastikan lambung Anda terus terisi. Pastikan makanan yang Anda makan rendah lemak dan mudah untuk dicerna, seperti nasi atau pisang. Setelah makan, Anda dapat melanjutkan aktivitas Anda selain berbaring. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Anda juga dapat menikmati seduhan teh yang tidak terlalu kental. Selain itu, hindari bau-bauan yang dapat membuat Anda mual.

Segera hubungi dokter atau bidan Anda jika Anda mulai mengalami gejala-gejala seperti flu yang mungkin merupakan tanda bahwa kondisi Anda buruk. Hal lain yang mengharuskan Anda mengunjungi dokter atau bidan Anda adalah ketika Anda mengalami pusing yang berkelanjutan serta muntah beberapa kali dalam satu hari.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading