Sukses

Parenting

Hati-Hati Nugget Dari Daging Basi

Anak-anak biasanya suka mengonsumsi nugget. Nugget adalah olahan dari daging ayam ataupun ikan yang dihaluskan kemudian dibentuk dan disimpan dalam freezer. Bentuknya yang lucu dan rasanya yang enak membuat nugget ini menjadi favorit si kecil. Banyak varian nugget yang dijual di pasaran, mulai dari yang ber merek dan dibandrol harga mahal sampai yang home made dengan harga yang terjangkau. 

Pada dasarnya, nugget produksi pabrik atau rumahan sama aja asalkan memenuhi prosedur kebersihan, kesehatan serta bahan baku yang digunakan adalah bahan yang bagus dan segar. Namun beberapa hari ini terkuak kasus nugget home made yang pekerjanya adalah pekerja di bawah umur dan polisi menemukan bahan-bahan nugget dari daging basi bahkan sampai mengeluarkan belatung. Hal ini tentu berbahaya sekali bila sampai dikonsumsi. Bila si kecil menyukai nugget, maka Anda harus memperhatikan betul apakah nugget yang Anda beli sudah baik atau malah nugget yang berbahaya. Kenali ciri-ciri nugget yang layak dikonsumsi sebagai berikut:

1. Tidak berbau

Nugget yang layak dikonsumsi adalah nugget yang tidak berbau. Nugget adalah daging olahan jadi bau amis seharusnya sudah hilang dan kalaupun berbau itu adalah bau dari campuran bumbu untuk nugget tersebut.

2. Warnanya natural

Daging ayam berwarna putih, maka bila sudah menjadi nugget harusnya masih berwarna bersih atau berwarna kuning emas karena baluran tepung roti. Bila warna nugget cenderung kusam dan terlihat tidak menarik maka nugget itu bisa saja sudah kedaluwarsa atau dibuat dari bahan-bahan berbahaya.

3. Nugget kerasnya pas

Nugget seharusnya tidak lembek dan tidak keras. Bila nugget yang Anda beli terlampau keras atau malah lembek, sebaiknya dibuang saja karena nugget itu tidak layak dikonsumsi.

4. Bahan dan tanggal kedaluwarsa

Tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa harus tercantum pada bungkus nugget yang Anda beli. Selain itu, komposisi bahan juga harus ditulis pada bungkus agar kita dapat mengetahui terbuat dari campuran apa saja nugget yang akan dikonsumsi.

Banyak sekali makanan berbahaya dijual di sekitar kita. Terkadang susah membedakan mana yang sehat dan mana yang tidak layak konsumsi. Jangan sampai keluarga menjadi korbannya, selalu berhati-hati bila akan membeli makanan atau minuman ya ladies!

BACA JUGA

Awas Fast Food Bisa Menyebabkan Asma

Gorengan Berbahaya, Kenali Ciri-Cirinya

Menyiasati Kegemaran Anak Anda pada Junk Food

Fakta Miris di Balik Nikmatnya Gorengan

Makanan dan Pola hidup Tak Sehat, Picu Kanker Payudara

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading