Memeriksa Sendiri Payudara untuk Mengetahui adanya Kanker Payudara

Sabtu, 29 Juni 2013 15:13


(c) shutterstock.com

Vemale.com - Anda dapat memeriksa sendiri apakah anda memiliki kanker payudara dengan melakukan lima langkah seperti dikutip dari BreastCancer.org berikut ini.

  1. Mulailah dengan melihat payudara anda melalui cermin dengan posisi bahu lurus dan kedua tangan di pinggang. Amati ukuran, bentuk, dan warna biasanya payudara anda, apakah terlihat perubahan seperti kemerah-merahan, nyeri, adanya tonjolan, puting yang berubah bentuk (seperti menjorok ke dalam yang seharusnya menonjol keluar)
  2. Angkat kedua tangan anda dan amati lebih teliti perubahan pada payudara anda.
  3. Ketika anda melihat melalui kaca, amati apakah terdapat cairan yang keluar dari salah satu atau kedua puting payudara anda (dapat berupa air, susu, cairan berwarna kekuningan, atau darah).
  4. Kemudian, rasakan payudara anda ketika terlentang, gunakan tangan kanan untuk merasakan payudara sebelah kiri dan sebaliknya. Rasakan kedua payudara anda  dengan cara merapatkan jari-jari anda secara lembut dengan arah memutar sekitar seperempat bagian dari payudara anda. Ikuti langkah di atas dengan memastikan anda menjangkau seluruh bagian payudara. Anda dapat memulai dengan puting, kemudian menggerakkan jari-jari anda naik dan turun secara vertikal. Untuk lapisan kulit di bawah payudara, gunakan tekanan ringan. Untuk bagian tengah payudara gunakan tekanan yang medium. Untuk bagian belakang payudara, gunakan tekanan yang lebih kuat.
  5. Anda dapat memeriksa payudara anda dalam posisi berdiri atau duduk. Banyak wanita yang lebih suka memeriksa payudara mereka ketika kulit mereka basah dan licin yakni pada saat mandi.    

oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/sfg)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

21 April - 27 April
Jika ada kritikan dari rekan kerja ada baiknya Anda tampung dan...