Sukses

Beauty

Mastektomi dan Jenis-Jenisnya

Setelah divonis menderita kanker payudara, biasanya kaum hawa akan mulai mencari tahu apa saja pengobatan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah operasi mastektomi seperti yang baru-baru ini dijalani oleh aktris Hollywood, Angelina Jolie. Mastektomi adalah salah satu operasi pengangkatan payudara.

Ladies bisa menyimak ulasan berikut tentang lima jenis operasi mastektomi yang dihimpun dari situs breastcancer.org.

1.    Total (Simple) Mastectomy

Pada Total (Simple) Mastectomy seluruh payudara akan diangkat kecuali bagian bawah ketiak. Mastektomi jenis ini biasanya diperuntukkan bagi penderita kanker payudara duktal.

2.    Modified Radical Mastectomy

Pada operasi ini, seluruh jaringan payudara termasuk kelenjar limfa yang terletak di bawah ketiak akan diangkat. Biasanya ini diperuntukkan bagi pengidap kanker payudara berjenis invasif.

3.    Radical Mastectomy

Ini adalah jenis mastektomi yang mengangkat sebagian jaringan payudara saja. Biasanya setelah operasi akan diikuti dengan pemeberian radioterapi.

4.    Partial Mastectomy

Pada mastektomi jenis ini, hanya bagian payudara yang terserang kanker dan sedikit jaringan di sekitarnya yang diangkat. Ini direkomendasikan bagi penderita yang kankernya masih kecil.

5.    Subcutaneous Mastectomy

Seluruh bagian payudara akan diangkat kecuali puting susu dan areola dalam operasi ini. Namun, subcutaneous mastectomy masih dalam perdebatan para ilmuwan.

Bagi ladies yang divonis kanker payudara, operasi mastektomi jenis apa yang akan anda jalani tentunya bergantung pada kondisi masing-masing. Rajin-rajinlah berkonsultasi pada dokter anda dan tetap jaga pola hidup yang baik.

Lies Nureni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading