Sukses

Beauty

Langkah-langkah Pemeriksaan Payudara

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa pemeriksaan payudara sangatlah penting untuk mengetahui munculnya kanker payudara lebih dini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri yang dihimpun dari webmd.com dan nationalbreastcancer.org.

Saat akan melakukan pemeriksaan payudara, sebaiknya anda melepas pakaian anda agar memudahkan dalam mengidentifikasi perubahan pada payudara anda. Ladies dapat melakukan pemeriksaan payudara saat mandi, berdiri di depan kaca, dan juga dengan tidur terlentang.

Gunakan tiga jari tengah anda untuk memeriksa payudara anda dan juga gunakan seluruh jari bagian jari anda bukan hanya ujung-ujung jari anda. Saat mandi, periksalah payudara anda dengan gerakan melingkar dari luar menuju ke tengah. Periksalah payudara anda secara menyeluruh termasuk daerah sekitar ketiak.

Saat di depan kaca, lihatlah secara menyeluruh payudara anda dengan kedua tangan berada di kedua sisi tubuh anda. Lalu angkat tangan anda dan lihat secara menyeluruh lagi. Selanjutnya letakkan tangan anda di pinggang dan tekan pinggang untuk melihat perubahan apa yang terjadi pada payudara anda.

Saat anda tidur terlentang, jaringan payudara akan tersebar pada dinding dada anda sehingga memudahkan anda untuk memeriksanya. Letakkan bantal di bawah punggung dan lengan anda. Sama seperti saat mandi, gunakan tiga jari dengan gerakan melingkar ke dalam untuk mendeteksi perubahan yang terjadi pada payudara anda.

Bagaimana ladies? Mudah bukan langkah-langkah melakukan pemeriksaan sendiri? Jika anda menemukan benjolan, penebalan jaringan, ataupun sesuatu yang terasa seperti berlubang, jangan segan untuk segera berkonsultasi kepada dokter anda.

Oleh: Lies Nureni

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading