/kesehatan/23955-cara-merawat-luka-bekas-operasi.html

Cara Merawat Luka Bekas Operasi

Jum'at, 28 Juni 2013 23:21



(c) vemale

Vemale.com - Jika anda usai menjalani operasi pengangkatan kanker atau tumor, anda tentu sekarang memiliki pertanyaan tentang cara merawat bekas luka tersebut agar cepat sembuh kan, Ladies? Bekas luka operasi, apalagi di bagian yang terlihat tentu mengurangi rasa percaya diri anda, namun anda harus lebih memperhatikan kesehatan daripada penampilan.

Berikut adalah cara aman untuk merawat luka bekas operasi yang dikutip dari lhochsteinmd.com.

Hal paling penting yang perlu anda perhatikan terhadap luka bekas operasi adalah kebersihannya. Rajin-raijnlah untuk membersihkan luka tersebut dengan antibiotik yang disarankan dokter. Dengan menjaga kebersihannya, maka luka tersebut akan bebas dari bakteri penyebab infeksi. Saat membersihkannya, gunakan kapas yang lebut atau cotton bud. Jangan pula membungkus bekas luka dengan terlalu erat karena akan menyebabkan iritasi.

Selain itu, berolahraga ringanlah. Olahraga dapat membantu proses pemulihan luka karena mencegah penggumpalan darah dan membantu sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan berolahraga maka anda jug ameningkatkan sistem kekebalan tubuh anda,Ladies.

Apabila bekas luka anda mengalami pembengkakan, maka anda perlu meletakkan seplastik es batu atau air dingin. Jika tidak ada pembengkakan, anda bisa merawat bekas luka operasi anda dengan air hangat. Kompreslah bekas luka anda dengan air hangat karena akan mempercepat kesembuhan dan memperlancar sirkulasi darah.

Selain itu, konsumsilah obat untuk mempercepat proses kesembuhan yang disarankan dokter.

Oleh: Asa Pilar

(vem/tyn)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...