Sukses

Beauty

Serbuk Bunga Pemicu Asma

Apakah anda tahun apa itu serbuk sari? Serbuk sari adalah serbuk yang biasanya berwarna kuning dan berada di ujung bagian dari kepala bunga. Bentuknya yang kecil dan ringan, serbuk sari bisa diterbangkan angin, dan bisa juga terhirup oleh anda ketika bernafas.

Berdasarkan situs nhk.uk serbuk sari yang kemungkinan bisa terhirup saat anda bernafas ini, bisa berbahaya bagi seseorang yang memilki penyakit asma. Tahu kah anda bahwa serbuk sari pada bunga dapat memicu kambuhnya penyakit asma?

Menurut situs asthma.org.au terhirupnya serbuk sari yang terjadi secara sengaja atau tidak sengaja ke dalam saluran tenggorokan seorang penderita asma akan sangat membahayakan. Serbuk sari bunga yang berbentuk halus ini, jika terhirup bisa menyebabkan asma pada saluran pernafasan.

Setelah serbuk sari yang masuk ke dalam saluran pernafasan, serbuk sari memicu hiperaktivitas pada saluran penarnafasan. Akibat memiliki sifat kepekaan yang tinggi terhadap rangsangan alergen yang berupa serbuk sari, penderita asma akan merasa sesak nafas karena penyakit asmanya kambuh.

Selain bisa mengakibatkan sesak nafas karena asma kambuh, serbuk sari juga bisa membuat hidung anda tersumbat. Bagi penderita asma, hal ini akan sangat menyiksa, karena selain mengalami sesak nafas, para penderita asma juga akan kesusahan untuk bernafas.

Bagi anda, atau seseorang terdekat anda yang mungkin menderita penyakit asma, cobalah untuk memberi tahu agar lebih baik hati-hati saat berada di tempat yang banyak ditumbuhi bunga-bunga, karena bisa saja tanpa sengaja serbuk sari terhirup dan dapat memicu kambuhnya asma.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading