Cegah Asma Dengan Beberapa Tes Sederhana

Jum'at, 28 Juni 2013 21:21



(c) shutterstock.com

Vemale.com - Saat Anda merasakan gejala asma segera lakukan tes untuk mengetahui apa yang terjadi pada diri Anda. Hal tersebut berguna memberikan tindakan penanganan yang tepat dan sesuai untuk kondisi kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa tes yang dapat Anda lakukan jika gejala asma menyerang Anda!

1.    Spirometry

Menurut berita yang dilansir oleh nhs.uk, tes ini dilakukan untuk mengetahui kinerja sistem pernafasan Anda dengan menggunakan sebuah mesin yang bernama spirometer. Mesin ini akan menampilkan volume udara yang dapat Anda hirup per detik dan membandingkannya dengan umur Anda. Setelah itu, akan terlihat perkembangan saluran pernafasan Anda baik sebelum ataupun setelah menggunakan inhaler.

2.    Pick flow test

Dalam tes ini Anda akan diberikan alat yang bernama pick flow meter yang dapat Anda bawa kemanapun untuk mengetahui seberapa cepat kemampuan Anda untuk bernafas dan  memudahkan Anda untuk mengetahui jika sewaktu-waktu keadaan pernapasan Anda memburuk.

3.    Tes lain yang dapat dilakukan adalah tes dengan diberikan hambatan seberti bubuk kering pengganti debu. Tes ini biasanya dilakukan oleh orang yang biasa berada di kondisi berdebu seperti anak-anak. Setelah diberi tantangan debu, baru kemudian dilakukan tes menggunakan spirometer untuk mengetahui kemampuan respon saluran pernafasan. Jika kondisi memburuk setelah menerima hambatan maka dapat dipastikan bahwa positif mengidap asma.

Jadi, jika gejala asma sudah mulai Anda rasakan cepat lakukan tes untuk mengetahui seberapa jauh gejala yang Anda derita. Harus ada penanganan yang cepat ya. Nggak enak juga kan kalau kegiatan yang penting harus terhambat gara-gara gejala asma semakin buruk?

oleh Gilang Pratiwi Ramadhani

(vem/sfg)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

22 September - 28 September
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...