Sukses

Beauty

Apakah Anda Beresiko Terkena Kanker Payudara?

Kanker payudara bisa menyerang siapa saja. Selain wanita, pria pun dapat terserang kanker yang menyerang jaringan-jaringan payudara ini. Jika anda belum pernah didiagnosa menderita kanker payudara, sebaiknya anda berhati-hati karena ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko anda untuk terjangkit kanker payudara seperti yang disebutkan oleh cancercare.org sebagai berikut:

Usia

Resiko terkena kanker payudara meningkat seiring seorang wanita bertambah tua. Penelitian menunjukan 80% wanita yang menderita kanker payudara adalah wanita yang berusia 50 tahun keatas.

Mempunyai sejarah kanker

Jika seorang wanita pernah didiagnosa menderita kanker payudara pada salah satu payudaranya, lebih besar resiko kanker payudara untuk menyerang payudara lainnya.

Keluarga dengan sejarah kanker

Seorang wanita memiliki resiko untuk terkena kanker payudara yang lebih besar jika ia memiliki ibu, saudara perempuan, atau anak yang menderita atau pernah menderita kanker payudara, terutama pada usia muda (sebelum 40). Memiliki anggota keluarga lainnya yang menderita kanker juga dapat meningkatkan resiko anda.

Faktor genetik

Wanita yang memiliki mutasi genetik tertentu, seperti perubahan pada gen-gen BRCA1 dan BRCA2 memiliki resiko terkena kanker payudara yang lebih tinggi selama masa hidupnya. Perubahan gen yang lainnya pun dapat meningkatkan resiko anda terkena kanker payudara.

Sejarah melahirkan dan menstruasi

Semakin tua seorang wanita ketika melahirkan anak pertamanya, semakin besar resiko yang ia miliki untuk terkena kanker payudara. Wanita yang mengalami menstruasi pertama di usia muda (sebelum 12) dan yang mengalami menopause diatas usia 55 juga memiliki resiko kanker yang lebih besar.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading