Sukses

Parenting

Penderita Asma Berolahraga. Kenapa Tidak?

Mungkin Anda sering mendengar bahwa orang dengan penyakit asma dilarang melakukan hal – hal terlalu melelahkan seperti olahraga. Benarkah hal itu?

Well, untuk anda penderita asma tak usah khawatir lagi. Menurut jurnal pada betterhealth.vic.gov.au, penderita asma bebas menjalani aktifitas olahraga yang mereka gemari kecuali scuba-diving. Hal itu jelas disebutkan karena olahraga merupakan salah satu alasan orang tetap sehat. Namun, bagi anda para penderita asma, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan aktifitas olahraga.

Para penderita penyakit asma dapat mengurangi resiko kambuhnya asma selama proses olahraga dengan hal – hal berikut:

  • Konsumsi obat asma atau inhaler 5 menit sebelum mulai berolahraga
  • Lakukan pemanasan 10 hingga 15 menit sebelum melakukan kegiatan inti
  • Hindari melakukan olahraga ketika flu
  • Jangan lupa melakukan proses pendinginan yang cukup

Jika gejala asma mulai muncul pada saat berolahraga, sangat disarankan bagi penderita penyakit asma untuk menghentikan aktifitas mereka. Hal itu dilakukan untuk mencegah gejala asma yang lebih parah. Jika setelah aktifitas dihentikan gejala tetap terjadi, bisa jadi itu adalah tanda penyakit asma akut yang sudah tidak terkendali.

Olahraga teratur sangat penting bagi kesehatan. Jangan biarkan penyakit asma menjadi penghambat usaha anda hidup sehat. Namun, perlu diingat bahwa olahraga berlebihan malah dapat membahayakan kesehatan.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading