Sukses

Parenting

Pemicu Asma di Rumah

Kita tentu saja boleh memastikan kalau rumah kita bersih, jauh dari penyakit. Mempertimbangkan segala kondisi yang ada pada keluarga dirasa sangat perlu demi mencegah penyakit kambuh. Nah, disini letak kita harus mawas diri.

Terkadang seolah semuanya bersih, kemudian kita bisa mengatakan itulah yang sehat. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa saja yang boleh ada dan tidak boleh ada di rumah? Jelas indikasinya adalah mencegah asma.

Perlu diketahui juga seperti yang dilansir oleh noattacks.org, bahwa sebenarnya banyak hal dapat memicu kambuhnya serangan asma. Beberapa diantaranya adalah asap kayu bakar, binatang piaraan atau bahkan nitrogen dioxide. Semua zat dan benda tersebut memiliki peluang untuk memicu kambuhnya asma.

Asap kayu jelas timbul karena pembakaran kayu. Hal ini bisa saja memicu asma karena tingkat kesensitifan paru-paru terhadap asap. Terkadang, kita sering lupa dengan kondisi orang di sekitar atau mungkin malah tidak tahu mereka sebenarnya sensitif terhadap asap.

Bagaimana mencegahnya? Caranya cukup mudah. Jangan pernah membakar kayu basah. Lebih amannya lagi, jangan pernah membakar sesuatu di dekat penderita. Bisa saja Anda membuat tempat khusus untuk media pembakaran ini. Tidak perlu terlalu khawatir, semua masih bisa teratasi.

Terpenting dari ini semua sebenarnya adalah pengetahuan Anda soal asma. Terutama pengetahuan Anda tentang si Penderita. Karena penyebab asma tidak bisa dipastikan, semua kemungkinan bisa saja terjadi. Anda hanya perlu tahu seberapa jauh asma menyerang dan tingkat kesensitifan paru-paru terhadap suatu zat.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading