Sukses

Parenting

Menstruasi Dapat Memperparah Asma?

Ladies sekalian sudah tahu bukan tentang penyakit asma? Yup, asma adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan yang membuat penderitanya sulit bernapas. Ladies juga pasti sudah tahu apa saja yang dapat membuat asma kambuh seperti asap rokok dan debu, tapi, tahukah ladies bahwa pada saat menstruasi juga asma dapat kambuh?

Menurut peneliti dari Haukeland University Hospital di Bergen, Norwegia yang dikutip dari medicalnewstoday.com, gejala-gejala asma akan semakin parah saat wanita mulai memasuki siklus menstruasinya. Tak hanya gejala asma saja yang semakin parah saat menjelang menstruasi, namun juga gejala-gejala penyakit pernapasan lain yang mungkin diderita.

Studi menunjukkan bahwa gejala asma dapat mulai kambuh saat wanita memasuki fase mid-luteal hingga fase mid-folikular yakni hari ke-10 hingga hari ke-22 dari siklus menstruasi. Fase mid-luteal terjadi pada hari pertama hingga hari ke-14 sedangkan fase mid-folikular terjadi pada hari ke-14 hingga hari ke-28 dari siklus menstruasi.

Lebih lanjut, para peneliti menyatakan bahwa gejala sesak napas akan menjadi semakin parah saat memasuki ke-14 hingga hari ke-16 atau saat mulai terjadinya ovulasi. Namun, gejala ini sangat bergantung pada keadaan tiap-tiap orang. Wanita penderita asma, perokok berat, dan wanita yang memiliki indeks masa tubuh lebih dari 23 memiliki resiko tinggi kambuhnya asma saat memasuki siklus menstruasi.

Bagi ladies yang menderita asma, sebaiknya mewaspadai kambuhnya asma saat menjelang menstruasi. Mengurangi rokok atau menjauhi perokok aktif serta menghindari hal-hal yang dapat memicu kambuhnya asma dapat dilakukan untuk mengurangi dampak menstruasi pada penyakit asma anda.

Oleh: Lies Nureni

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading