Sukses

Parenting

Kelebihan dan Kekurangan Operasi Caesar

Selain dengan cara normal, kini ibu hamil juga bisa menjalani persalinan memalui operasi caesar. Operasi ini dilakukan dengan membelah dinding perut dan rahim ibu untuk mengeluarkan si bayi. Operasi caesar biasanya dilakukan atas saran dokter karena ada beberapa hal yang tidak memungkinkan si ibu untuk melahirkan secara normal. Di luar itu, operasi caesar memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti yang dilansir di amasicon2010.com.

Kelebihan yang pertama adalah operasi caesar ini mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit saat proses persalinan. Hal ini dikarenakan obat bius yang dimasukkan pada area perut ibu. Selain mengurangi rasa sakit, persalinan melalui operasi caesar ini juga membutuhkan waktu yang singkat. Waktu yang dibutuhkan untuk operasi caesar hanya sekitar 30 menit. Tentu saja percepatan waktu ini karena dokter tidak perlu menunggu waktu lama saat si ibu berusaha menekan bayi keluar. Keuntungan lain adalah bisa menentukan pemilihan tanggal kelahiran si bayi. Selama keadaan si bayi sudah siap dilahirkan, operasi ini bisa dilakukan.

Selain kelebihan di atas, operasi caesar jug amemiliki kekurangan. Kekurangan pertama adalah biaya operasi yang relatif lebih mahal. Masa pemulihannya pun membutuhkan waktu yang lebih lama dari persalinan normal. Tentu saja, operasi caesar meninggalkan bekas luka pada rahim yang perlu waktu untuk sembuh. Karena luka ini, si ibu biasanya disarankan untuk tidak hamil lagi dalam beberapa kurun waktu.

Oleh: Asa Pilar

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading