Sukses

Beauty

Terapi Kanker dan Efek Sampingnya

Setelah menjalani operasi, mantan pengidap kanker biasanya membutuhkan perawatan lebih lanjut agar bisa benar-benar sembuh. Saat ini telah banyak perawatan yang bisa dilakukan seperti terapi radiasi dan chemotherapy.

Namun, meski sangat berguna, perawatan ini juga memiliki efek samping yang akan mempengaruhi kondisi tubuh orang yang menjalani perawatan, yang paling umum adalah keletihan yang muncul saat menjalani perawatan.

Seperti yang dilansir oleh breastcancer.org, rasa letih adalah perasaan ketika anda merasa tidak memiliki energi dan merasa lemas sepanjang waktu dan kehilangan ketertarikan terhadap hal-hal dan orang-orang yang anda sukai. Tetapi tidak ada penyebab khususnya.

Rasa letih adalah efek samping yang paling sering muncul saat menjalani perawatan kanker payudara. Beberapa dokter mentaksir bahwa 9 dari 10 orang mengalami keletihan pada saat tertentu selama menjalani perawatan.

Tidak seperti rasa letih pada umumnya yang akan hilang setelah anda beristirahat, rasa letih tidak bisa dihilangkan dengan cara tidur dan ini bisa berjalan hingga berbulan-bulan setelah perawatan berakhir. Rasa letih bisa sangat menghambat anda untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Tentu anda tidak mau rasa letih menghancurkan kehidupan anda. Yang harus anda lakukan adalah dengan membicarakannya dengan dokter anda, dokter anda akan memberikan obat dan membuatkan jadwal makan dan olahraga untuk menghilangkan rasa letih yang timbul sebagai efek samping perawatan.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading