Sukses

Beauty

Kanker Payudara dan Tingkatan Perkembangannya

Kanker payudara memiliki tingkatan yang berbeda dalam perkembangannya, yang disebut dengan stadium. Bagaimana karakter dari pertumbuhan sel kanker payudara pada tiap tingkatan? Berikut informasi yang dikutip dari breastcancer.org.

Pada stadium awal, sel kanker hanya berinkubasi di dalam saluran payudara. Sel tersebut belum merambat ataupun menyerang jaringan di sekitarnya.

Pada stadium IA, sel tumor tumbuh hingga 2 cm dan sel kanker masih belum menyebar ke luar payudara. Sedangkan pada stadium IB, ada atau tidak ada sel tumor yang tumbuh disertai dengan munculnya sel kanker yang berukuran antara 0.2 hingga 2 milimeter di kelenjar getah bening.

Stadium IIA memiliki tiga jenis perkembangan sel kanker payudara. Tidak ada tumor di payudara, namun sel kanker ditemukan di saluran getah bening di bawah lengan. Sel tumor berukuran 2 cm dan menyebar di saluran getah bening. Ada sel tumor berukuran antara 2-5 cm, namun belum menyebar.

Sel tumor akan berkembang lebih besar dan mulai semakin menyebar ke saluran getah bening di stadium selanjutnya, IIB. Sel tumor ini akan berubah menjadi sel kanker yang menyebar di saluran getah bening dan saling menempel pada susunan yang lain pada stadium IIIA.

Selanjutnya, pada stadium IIIB, tumor akan berkembang dengan berbagai ukuran dan menyebar ke bagian dada maupun kulit payudara. Kanker menyebar di dinding dada maupun kulit payudara, kelenjar getah bening di dekat tulang selangka, atau pada kelenjar getah bening di bawah lengan hingga di dekat tulang payudara pada stadium IIIC.

Stadium terakhir, stadium IV berarti bahwa kanker telah menyebar pada bagian tubuh yang lain. Setelah tahu tingkatan kanker payudara, yuk kita lebih waspada akan kondisi kesehatan kita.

Oleh Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading