Sukses

Beauty

Jarang tapi ada, kanker payudara pada pria!

Kanker payudara telah menjadi momok yang menakutkan bagi wanita, namun tahukah anda bahwa priapun bisa terkena penyakit yang marak diderita oleh kaum hawa ini. Seperti yang dilansir oleh www.breastcancer.org, kanker payudara pada pria adalah sebuah penyakit yang langka. Kurang dari 1% kasus kanker payudara menimpa laki-laki, namun bukan berarti tidak ada!

Pada tahun 2011, sekitar 2140 laki-laki didiagnosa mengidap kanker payudara. Memang akan sulit untuk menemukan satu kasus kanker payudara yang menimpa kaum pria karena pada laki-laki, resiko terkena kanker payudara adalah satu berbanding seribu.

Mungkin anda berpikir bahwa pria tidak memiliki payudara, jadi bagaimana pria dapat terserang kanker payudara? Namun pada kenyataannya, setiap pria dan wanita sama-sama memiliki jaringan payudara. Bedanya, hormon yang beragam yang ada dalam tubuh wanita menstimulasi jaringan ini agar tumbuh menjadi payudara yang penuh, namun tidak pada pria. Tubuh pria biasanya tidak memproduksi hormon yang bisa menstimulasi payudara untuk tumbuh. Hasilnya? Biasanya jaringan payudara pada pria tidak tumbuh dan tetap datar dan kecil.

Namun, mungkin anda pernah melihat pria yang memiliki dada besar yang bisa saja disebabkan oleh timbunan lemak atau karena pria tersebut menkonsumsi obat tertentu atau memiliki tingkat hormon yang tidak normal. Berdasarkan kenyataan bahwa pria juga memiliki jaringan payudara, rasa-rasanya tetap ada kemungkinan bahwa kanker payudara juga bisa terjadi pada pria, terlepas dari rasio probabilitas yang sangat rendah!

Oleh: Desti Ayu Ruhayati

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading