Sukses

Beauty

Kanker Payudara Stadium 4 Bisa Sembuh?

Jika seseorang sudah didagnosa kanker payudara stadium 4, jangan berputus asa karena selalu ada kemungkinan sembuh untuk setiap penyakit, Ladies. Untuk penyembuhan kanker payudara stadium 4, meskipun cancer.gov menyatakan bahwa biaya pengobatannya memang cenderung lebih mahal. Pertumbuhan kanker payudara yang berujung pada stadium akhir ini biasanya terjadi karena kanker stadium III memiliki kemungkinan terdeteksi 50% sementara kanker stadium IV memiliki kemungkinan terdeteksi 20%

Kanker payudara stadium IV belum dapat dipulihkan secara total namun hanya bisa diperlambat pertumbuhan sel kankernya. Dalam penanganan kanker stadium akhir ini biasanya diberikan enam siklus pengobatan dimana setiap siklus menghabiskan biaya kurang lebih US$ 620 atau setara dengan 6 juta rupiah.

Mayoritas kasus kanker payudara stadium awal dapat bertahan 5 tahun sejak didiagnosa. Sementara itu, jika sel kanker sudah sampai menyebar ke organ tubuh lain maka harapan hidup si pasien kurang lebih hanya 1-2 tahun.

Bicara soal kemungkinan sembuh, untuk pasien kanker payudara stadium IV, kasus kesembuhan terjadi hanya 1 dari 100 pasien. Sementara untuk stadium IIIb, kemungkinan pulih hanya 5 dari 100 orang dan untuk stadium IIIa, kemungkinan pulihnya 13 dari 100 orang.

Meskipun demikian, seseorang yang mengidap kanker payudara pada stadium akhir pun diharapkan dapat melakukan usaha pencegahan perkembangan sel kanker agar tidak semakin parah dan memperpanjang harapan hidup pasien.

Oleh: Asa Pilar

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading