Sukses

Beauty

Gejala dan Diagnosa Kanker Payudara

Kanker payudara telah menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh kebanyakan wanita. Gejala-gejalanya pun sangat bervariasi dan beragam tergantung kondisi tubuh si penderita, bahkan beberapa kasus kanker payudara tidak menunjukan gejala sama sekali.

Gejala-gejala yang timbul yang sama dengan gejala kanker payudara juga belum tentu menidentifikasikan bahwa anda mengidap kanker payudara karena gejala yang sama akan muncul jika anda mengalami infeksi atau kista.

Seperti yang dilansir oleh breastcancer.org, penting halnya bagi wanita untuk memeriksa payudaranya sendiri rutin setiap bulannya, dan anda harus memeriksakannya ke dokter jika anda mengalami perubahan pada payudara anda.

Anda bisa mengecek apakah ada benjolan kecil pada payudara anda dengan cara menekan-nekan bagian disekitar payudara termasuk bagian puting. Lakukan ini sebulan sekali agar anda dapat langsung mengetahui jika terjadi perubahan pada payudara anda.

Kesadaran untuk memeriksakan diri sendiri sangatlah penting. Khususnya jika anda telah menginjak usia 40 tahun keatas atau pada usia yang paling rentan untuk terserang kanker payudara. Pada usia ini, anda juga sebaiknya melakukan mammogram setahun sekali untuk mengecek kondisi anda.

Dokterpun tidak bisa langsung mendiagnosa apakah anda terserang kanker atau tidak pada pengecekan pertama. Butuh proses selama berminggu-minggu untuk tiba pada diagnosa.

Anda harus sabar menunggu untuk mendapatkan hasil yang akurat. Kebanyakan wanita menjadi stress dan cemas saat menunggu hasil diagnose. Namun, ketika diagnose telah keluar anda akan bisa mengambil keputusan yang tepat.

Anda dan dokter anda bisa membuat dan merencanakan perawatan yang dirancang hanya untuk anda. So, jangan ragu untuk memeriksakan diri ya ladies!

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading