Sukses

Parenting

Waspada, 95 Persen Orang Salah Mencuci Tangan!

Mencuci tangan itu mudah, sambil merem juga bisa. Walau terlihat sangat mudah dan gampang, nyatanya hampir semua orang salah saat melakukan prosedur mencuci tangan. Jika mencuci tangan tidak tepat akan membuat kuman dan bakteri tetap hidup, sehingga sia-sia saja mencuci tangan.

Dilansir dari situs Geniusbeauty.com, penelitian dari Michigan State University melakukan percobaan pada 3.749 pengguna toilet umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15 persen pria dan 7 persen wanita tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Kebanyakan pengunjung memilih untuk tidak mencuci tangan jika wastafel kotor.

Sebanyak 78 persen wanita menggunakan sabun saat mencuci tangan, sedangkan kurang dari 50 persen pria yang menggunakan sabun, aduh! Yang lebih parah, hanya 5 persen relawan yang mencuci tangan dengan benar sehingga dapat membunuh semua bakteri dan kuman berbahaya yang ada di tangan.

Kebanyakan orang hanya mencuci tangan selama 6 detik, padahal waktu yang paling disarankan ahli kesehatan untuk mengusap sabun adalah 15 hingga 20 detik. Jika kurang dari waktu tersebut, bakteri dan kuman berbahaya yang ada di tangan masih tertinggal. Akan lebih bagus jika seseorang mencuci tangan di bawah air mengalir.

Cara Mencuci Tangan Yang Benar

  1. Berdasarkan saran yang ditulis oleh The Center for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, cara mencuci tangan terbaik setidaknya 20 detik untuk mengusap sabun. Lalu basuh tangan di bawah air mengalir.

Jika tangan Anda bersih, makanan yang masuk ke dalam tubuh juga terhindar dari bakteri dan kuman yang dapat membahayakan kesehatan. Biasakan cuci tangan yang benar ya!

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading