/kesehatan/22652-menu-diet-yang-boleh-dimakan-sesuai-golongan-darah.html

Menu Diet Yang Boleh Dimakan Sesuai Golongan Darah

Selasa, 11 Juni 2013 12:40



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Sebagian besar dari Anda mungkin belum mengenal benar apa itu diet golongan darah, namun beberapa di antaranya sudah merasakan manfaat diet golongan darah.

Secara struktural, ternyata golongan darah dapat membantu memilih makanan tertentu. Tujuannya adalah supaya sesuai dengan yang dibutuhkan. Diet ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Peter d'Adamo seorang praktisi naturopathy. Sejak ia mengenalkan diet golongan darah, telah banyak artis yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Kate Winslet misalnya, ia mengaku cukup puas akan hasil diet golongan darah ini.

Penasaran juga bagaimana diet golongan darah itu? Mengutip keterangan Dr. Peter d'Adamo dari boldsky, berikut adalah beberapa tips singkat diet golongan darah.

Diet golongan darah O:

Mereka yang memiliki golongan darah O ini adalah pemakan segala. Mereka dianjurkan terutama mengonsumsi menu non vegetarian. Mereka boleh makan segala macam menu daging mulai daging merah dan unggas, serta ayam. Protein adalah sumber utama nutrisi pemilik golongan darah O.

Untuk menu sayuran juga tidak ada pantangan sayuran yang tak boleh dimakan. Namun sayuran hijau perlu diprioritaskan.

Sebaiknya si golongan darah O juga tidak terlalu makan manis-manis karena metabolisme pembakaran lemaknya cukup lambat.

Diet golongan darah A:

Tidak ada program diet yang akan berhasil untuk golongan darah A apabila ia sedang dalam keadaan stres. Untuk itu si A diwajibkan mengatasi stres terlebih dahulu sebelum menjalankan diet.

Karena metabolismenya cukup rendah, A disarankan tidak mengonsumsi daging merah. Daging merah hanya akan meningkatkan jumlah kolesterol di dalam darah. Sebaiknya lauk yang dikonsumsi adalah ikan-ikanan, dan sumber protein lain boleh diambil dari kacang-kacangan.

Diet golongan darah B:

Golongan darah B adalah golongan darah universal dan tidak terlalu rewel soal makanan. Mereka boleh makan apa saja karena tidak termasuk golongan darah langka yang banyak pantangan. Pun demikian, dianjurkan agar golongan darah B ini tidak mengonsumsi unggas-unggasan. Baiknya menggantikan sumber protein dengan menu lain seperti produk susu.

Diet golongan darah AB:

Nah, si golongan darah AB ini adalah golongan darah yang terkena getah paling banyak dari golongan darah A dan golongan darah B. Pasalnya, mereka dianjurkan tidak makan daging merah, produk susu, serta membatasi konsumsi karbohidrat.

Golongan darah AB diperbolehkan makan unggas dan aneka sayuran, hanya harus benar-benar memfilter karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan menjalankan program diet sesuai dengan golongan darah dan memilih asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan lebih sehat serta berat badan akan seimbang dan terkontrol. Mau coba? (vem/bee)

BACA JUGA:

5 Minuman Yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Diet Pakai Cuka Apel, Apa Sehat?

7 Langkah Mendongkrak Motivasi Diet

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat

4 Makanan Yang Bikin Kenyang Lebih Lama

5 Rahasia Agar Berat Badan Tidak Turun Naik

Makan Apa Setelah Berolahraga?

Lemak-Lemak Yang Sehat Untuk Dikonsumsi

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

22 Desember - 28 Desemebr
Anda mungkin tidak akan menjalani hari yang baik di awal minggu...