Sukses

Beauty

Sering Terbangun Karena Pipis Bahaya Bagi Kesehatan

Apakah Anda seringkali terbangun buang air kecil di malam hari? Apabila ya, maka Anda wajib baca artikel ini.

Sebuah penelitian dilakukan oleh European Association of Urology tentang terbangun karena pipis di malam hari. Kedengarannya hal yang normal dan biasa, namun ternyata hal ini bisa dibilang sebagai pemicu problem kesehatan lain bagi manusia.

Problem 1: menurunkan produktivitas

Terbangun pipis di malam hari akan membuat tidur jadi kurang nyenyak dan kualitasnya menurun, alhasil produktivitas keesokan harinya jadi berkurang. Anda seperti merasa kelelahan, mengantuk, tidak bernafsu dan emosi naik turun.

Bahkan, konsentrasi juga berkurang akibat terbangun tadi. Memang sih hanya memakan waktu beberapa menit saja, tetapi beberapa menit tersebut ternyata penting karena telah menghentikan istirahat otak dan tubuh dengan mendadak. Mereka yang terbiasa terbangun ini, akan mengalami hal yang sama berturut-turut, sehingga kemudian muncul gangguan kesehatan seperti sakit kepala, atau gejala flu.

Problem 2: gejala insomnia

Kebiasaan buruk ini bisa juga menjadi gejala insomnia. Membuat orang akhirnya enggan tidur kembali dan begadang sampai pagi. Terutama beberapa orang yang punya kesulitan tidur, biasanya akan membuatnya mencari kegiatan untuk dilakukan setelah terbangun. Beberapa hari saja kebiasaan ini dilanjutkan maka Anda segera bergabung dengan klub insomnia.

Problem 3: angin duduk

Kasus ini mungkin langka terjadi, tetapi jadi sering terdengar karena diam-diam menjadi pembunuh tanpa suara. Angin duduk ini biasanya menyerang mereka yang sering beraktivitas di malam hari atau di luar ruangan dalam suhu yang rendah.

Masih belum bisa dijelaskan secara detail bagaimana seseorang bisa terkena angin duduk ini. Tetapi, dokter menyarankan agar setiap orang punya kecukupan tidur dan kualitas tidur yang baik sehingga problem seperti angin duduk tidak sampai menyerang.

Problem 4: paru-paru basah

Lebih baik jangan terlalu sering begadang, tubuh butuh beristirahat setiap hari setidaknya 8 jam sehari untuk memulihkan energi setelah beraktivitas seharian. Dan melek di malam hari membuat angin malam mengganggu kesehatan.

Yang paling sering dialami oleh mereka yang begadang adalah paru-paru basah, akibat masuknya angin malam ke dalam tubuh. Kelembaban tersebut seringkali ditangkap tubuh dan tidak bisa keluar, sehingga tak heran apabila keluhan di paru-paru yang paling sering didengar.

Disarankan agar tidak sering pipis tengah malam agar minum air maksimal 1 jam sebelum tidur sehingga ada waktu bagi tubuh melakukan pembuangan sebelum beristirahat. [initial]

BACA JUGA:

Minuman Bersoda Itu Tidak Sehat, Ini Alasannya

5 Makanan Enak Yang Bikin Gemuk

5 Cara Agar Anda Lebih Mudah Bangun Pagi

Jenis Kopi Yang Bikin Awet Muda

Ini Akibatnya Jika Sering Marah-Marah

Makanan Ini Sehat Untuk Ginjalmu

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading