Bunga-Bunga Yang Membantu Mengusir Nyamuk

Minggu, 02 Juni 2013 12:00


Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Mengusir nyamuk tak harus menggunakan obat nyamuk yang bikin nafas jadi sesak. Apalagi yang menggunakan metode bakar, apabila lalai bisa menyebabkan kecelakaan.

Pun demikian, nyamuk juga memang tak bisa dipandang sebelah mata. Satu gigitan kecilnya terkadang bisa membuat orang demam hingga meninggal.

Lantas, bagaimana mengusir nyamuk yang aman dan alami? Nenek moyang kita dulu menggunakan beberapa tanaman hias yang dapat membantu mengusir nyamuk. Aroma bunga tersebut sangat kuat sehingga membuat nyamuk enggan mendekat. Bahkan, beberapa obat nyamuk lotion, memanfaatkan aromanya sebagai salah satu bahan produknya.

Bunga apa saja sih yang dapat mengusir nyamuk dengan ampuh itu? Yuk kita intip dan beli di pasar bunga.

Bunga Lantana

Bunga lantana, atau disebut juga bunga tahi ayam di beberapa daerah. Disebut demikian karena aroma bunganya memang tidak wangi seperti bunga lainnya.

Pun demikian ternyata bunga yang satu ini mujarab untuk mengusir nyamuk lho. Perawatannya pun sangat mudah, cukup dijemur di bawah panas sinar matahari saja. Bunga ini sangat gemar dengan sinar matahari dan tahan panas, sehingga bisa dijadikan bunga taman.

Sereh

Tanaman sereh memiliki aroma lemon yang sangat menggiurkan dan segar. Kerap dijadikan tambahan bumbu dalam masakan juga dalam minuman. Warnanya menarik apabila sudah dicabut dari tanah dan dikupas. Di Bali, bahkan tanaman ini dijadikan tusuk untuk sate pentul, sehingga aroma sate juga lebih istimewa.

Ditanam di kebun atau di samping rumah, sereh dapat membantu mengusir nyamuk sekalipun ia rimbun.

Kemangi

Aroma kemangi ini sangat segar dan menyejukkan. Digunakan sebagai bumbu masakan, sebagai lalapan, dan juga sebagai aromatherapy yang ampuh mengatasi mual dan jerawat.

Aroma yang kuat dan segar membuat nyamuk enggan mendekat. Sehingga pas jika kemangi ini dijadikan salah satu tanaman penghias rumah yang multifungsi.

Daun mint

Daun mint juga memiliki aroma pedas dan segar. Biasanya digunakan sebagai tambahan parfum dan aroma makanan, sehingga memberikan kesan fresh dan dingin.

Tanaman ini bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan di ruangan saat malam hari. Di pagi hari jemur di bawah sinar matahari sehingga dapat berfotosintesis.

Lavender

Bunga yang satu ini memang beken sebagai pengusir nyamuk alami. Memiliki aroma yang khas dan segar, membantu mengusir nyamuk dari area rumah apabila diletakkan di beberapa sudut ruangan.

Pun demikian, terkadang semut menyukai tanaman ini, sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam menyimpan dan menata si bunga lavender di dalam ruangan.

Rosemary

Tanaman bunga yang satu ini biasanya juga dipakai sebagai tanaman hias atau tanaman bumbu dapur. Dikenal juga sebagai anti bakterial, sehingga beberapa produk kosmetika kerap menggunakannya sebagai bahan anti bakteri.

Dan apabila diletakkan di dalam rumah atau di taman dapat mengusir nyamuk.

Cengkeh

Cengkeh punya aroma yang sangat kuat, percampuran antara pahit dan manis. Apabila jumlahnya banyak, maka ia menjadi sepat dan cukup tajam. Tanaman cengkeh dapat mengusir nyamuk dengan efektif. Apalagi aromanya melekat kuat dan lama.

Tidak ada tanaman cengkeh? Anda bisa mengambil beberapa butir cengkeh dan letakkan di kain kasa. Gantung di beberapa tempat untuk mengusir nyamuk.

Nah, tidak sulit juga kan mengusir nyamuk dengan cara alami. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus menghias rumah agar terlihat lebih cantik. (vem/bee)

BACA JUGA:

Awas, Menyikat Gigi Ternyata Berbahaya!

Gerakan Anti Sakit Punggung Untuk Anda Yang Sering Duduk Lama

Makanan-Makanan Yang Bisa Bikin Kecanduan

Waspada! Nyamuk Lebih Suka Menggigit Wanita

Jenis Minyak Yang Bahaya Jika Dipakai Memasak

Kandungan Herbal Herbafress Cegah Gatal di Tenggorokan

Benarkah Tidak Boleh Makan Buah Saat Perut Kosong?

Penyebab Bau Mulut Yang (Mungkin) Anda Belum Tahu







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

14 April - 20 April
Sedang semangat sekali di minggu ini bekerja keras memang harus dilakukan...