Sukses

Beauty

Yakin Usus Anda Sehat? Cek di Sini!

Artikel kali ini mungkin membuat Anda mengernyit atau mengatakan “Ih apa-apaan sih kok jorok banget,”, tapi pengetahuan ini penting untuk Anda. Banyak orang malas membahas segala sesuatu tentang BAB atau organ pembuangan di bawah sana. Padahal, mengetahui apa yang Anda keluarkan sama pentingnya seperti apa yang Anda makan. Kondisi dan bentuk kotoran BAB atau feses dapat menjadi indikasi sehat atau tidaknya usus Anda, dan ini bukan untuk bercanda.

Mari berkenalan dengan  Bristol Stool Chart atau dalam istilah lain sering disebut dengan Meyers Scale. Dikutip dari Wikipedia berbahasa Inggris, Bristol Stool Chart adalah skala bantuan medis yang dirancang untuk mengklasifikasikan bentuk kotoran manusia dalam tujuh kategori.

Bristol Stool Chart dikembangkan oleh Dr Ken Heaton di University of Bristol dan pertama kali diterbitkan dalam Scandinavian Journal of Gastroenterology pada tahun 1997. Skala ini digunakan untuk mengevaluasi berbagai masalah pada usus atau menjadi penilaian efektif tidaknya sebuah perawatan kesehatan pada usus.

Sama seperti saat Anda mengecek warna air seni, jika bening berarti tidak dehidrasi, semakin pekat dan kuning berarti semakin dehidrasi seseorang. Sistem Bristol Stool Chart juga sama. Silakan cek gambar di bawah ini:

 wikipedi

(c) wikipedia.en

Tipe 1 : Tekstur keras, bentuknya kecil mirip kacang dan sulit dikeluarkan. Biasanya bentuk ini terjadi pada penderita konstipasi atau sembelit yang sudah parah.

Tipe 2 : Bentuk mirip sosis tapi menggumpal dengan permukaan bergelombang tidak rata. Bentuk kotoran seperti ini dapat menyebabkan ambeien dan juga menjadi sinyal konstipasi.

Tipe 3 : Bentuk kotoran seperti sosis dengan permukaan seperti retakan. Bentuk ini dikatakan dalam bentuk normal walaupun ada indikasi konstipasi.

Tipe 4 : Tekstur lembut dan halus seperti sosis. Bentuk inilah yang menjadi tanda bahwa usus Anda sehat dan tidak mengalami konstipasi.

Tipe 5 : Bentuknya mirip gumpalan dan halus, mudah dikeluarkan. Merupakan gejala awal diare.

Tipe 6 : Bentuk mirip cairan dan sangat mudah dikeluarkan, merupakan tanda menderita diare.

Tipe 7 : Tidak ada bentuk sama sekali, hanya cairan. Ini adalah tanda seseorang mengalami diare parah.

Jadi tidak perlu lagi merasa jijik dengan BAB yang Anda keluarkan, karena itu adalah bagian dari sisa pencernaan yang bisa menjadi salah satu sinyal kesehatan Anda. 

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading