Sukses

Beauty

Makanan Ini Bisa Memperparah Diare

Setiap orang setidaknya pernah mengalami diare semasa hidupnya. Entah diare yang disebabkan oleh masuk angin, oleh bakteri, atau juga oleh makanan.

Beberapa makanan seperti makanan yang pedas atau mengandung kopi dan membuat seseorang menderita diare. Kabarnya, makanan atau minuman tersebut efektif sebagai pencahar, sehingga saat bakteri diare menyerang, justru ia akan membantu menguras isi perut Anda.

Ketahui beberapa makanan yang bisa memperparah diare berikut ini:

Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung serat dan menyebabkan gas di dalam perut. Untuk itulah ia memang dapat memperlancar pencernaan dan buang air besar. Namun, apabila Anda sedang diare sebaiknya hindari mengonsumsi jeruk nipis karena akan membuat Anda justru sering buang air besar.

Kubis

Kubis mengandung sulfur dan serat, yang juga dicerna cukup lambat. Di dalam perut, kubis/kol ini dapat memicu produksi gas, sehingga juga memperparah kondisi saat diare.

Bawang putih

Bawang putih juga merupakan umbi yang dapat memicu produksi gas di dalam perut. Gas ini akan memperparah kondisi diare Anda.

Kacang-kacangan

Apabila sulit buang air besar, Anda boleh mengonsumsi kacang-kacangan (baik kacang tanah atau kacang hijau). Tetapi, jangan coba-coba mengonsumsi kacang-kacangan saat Anda sedang menderita diare.

Makanan pedas

Makanan yang pedas dan berminyak tidak dapat dicerna dengan cepat oleh perut. Di dalam perut mereka juga menyebabkan problem pencernaan dan memproduksi gas. Tak heran apabila setiap makan pedas Anda segera ingin buang air besar.

Susu

Lebih baik hindari minum susu apabila Anda sedang sakit perut atau alergi laktosa. Hindari pula makanan yang berbahan dasar susu saat sedang diare agar diare segera mampet.

Kopi

Kopi sebagai pencahar dapat melancarkan pencernaan dan membuat Anda rutin buang air besar di pagi hari. Tetapi, juga tidak disarankan dikonsumsi saat Anda sedang diare.

Buah leci

Buah yang mirip rambutan ini apabila dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan sakit perut dan diare. Tak percaya? Coba saja makan sekilo leci sendirian, beberapa menit kemudian Anda akan akrab dengan kamar mandi.

Untuk mencegah dan menghentikan diare, disarankan untuk membuat larutan oralit dari campuran air hangat, gula dan garam untuk pertolongan pertama. Apabila sakit berlanjut dan semakin parah, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter. [initial]

BACA JUGA:

Ingin Langsing? Bakar Kalori Anda dengan 8 Cara Ini

Vitamin A Bisa Sembuhkan Kanker Prostat

Teh VS Kopi, Mana yang Lebih Baik?

Ingin Langsing? Pahami Perbedaan Antara Lapar Dan Nafsu Makan!

Cegah Depresi dengan Konsumsi Tomat

Berat Badan Cepat Naik Jika Anda Sering Stres

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading