Ubi Cilembu, Umbi 'Ndeso' Yang Kaya Manfaat

Jum'at, 17 Mei 2013 08:35


Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Ketela rambat adalah jenis umbi-umbian yang biasa ditanam di tanah pedesaan atau pegunungan. Salah satu ketela rambat atau disebut juga ubi yang terkenal adalah ubi Cilembu. Rasanya manis, dan seperti ada madu di dalamnya. Nikmat disantap hangat-hangat bersama teman teh atau kopi.

Dianggap sebagai camilan kampung, ubi Cilembu ini punya banyak manfaat bagi kesehatan. Kaya akan serat dan vitamin A, ubi ternyata juga mengandung mineral penting seperti zat besi, folat, mangan, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin D dan vitamin E yang baik untuk kulit. Sekalipun mengandung karbohidrat, ubi ini menjadi santapan yang baik untuk para pelaku diet. Apa saja manfaat di balik umbi ini?

Simak beberapa manfaat umbi kampung yang lezat ini yuk.

Mencegah kanker

Warna ubi Cilembu biasanya orange kemerahan. Menunjukkan bahwa ia kaya akan betakaroten dan vitamin A. Di antara umbi-umbi lainnya, ubi Cilembu ini yang diperkirakan dapat membantu mencegah kanker paru-paru dan kanker mulut. Penelitian membuktikan bahwa 124 ribu orang di Universitas Harvard, 32 persennya beresiko terkena kanker paru-paru. Dengan mengonsumsi umbi yang kaya karoten ini, resiko tersebut berkurang jumlahnya.

Mengontrol gula darah

Kadar gula dalam darah umumnya meningkat jumlahnya setelah mengonsumsi karbohidrat (seperti nasi). Mereka yang punya masalah dengan kadar gula tinggi di dalam darah disarankan mengonsumsi ubi yang dikukus dan tidak diberi tambahan saus atau gula.

Mencegah serangan jantung

Karena kaya akan vitamin B6, ubi dapat membantu mengurangi zat kimia bernama homocysteine yang biasanya memicu serangan jantung. Potasium di dalam ubi juga menstabilkan tekanan darah sehingga tidak naik turun secara drastis.

Untuk itu, ubi disarankan juga bagi para penderita penyakit jantung dan stroke.

Meredakan stres

Dimakan hangat-hangat sambil menikmati pemandangan sore, ubi dapat membantu meredakan stres. Manfaatnya double karena ubi mengandung mineral potasium yang membantu melawan dan mengurangi stres. Selain itu, pemandangan sore juga membuat hati lebih tentram dan meredakan ketegangan otot di tubuh.

Zat besi di dalam ubi juga menyediakan tambahan energi yang dapat membantu meningkatkan immune tubuh. Sehingga saat tekanan menyerang, tubuh siap menghadapi dan lebih rileks.

Anti aging

Vitamin A di dalam ubi dapat membantu meningkatkan immune tubuh serta merawat kulit dengan baik. Adalah retinol yang biasa dimanfaatkan produk-produk kosmetik high end untuk merawat kulit, yang ternyata terkandung juga di dalam ubi.

Betakarotennya juga dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Anda jadi tak perlu khawatir akan kerutan dan noda-noda hitam yang disebabkan oleh penuaan dini.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam ubi ini dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit tetap lembut dan elastis.

Ternyata memang umbi yang satu ini tak boleh dipandang sebelah mata ya. Yuk sajikan sebagai camilan sehat yang cerdas untuk dikonsumsi sehari-hari. (vem/bee)

BACA JUGA:

5 Buah Yang Menaklukkan Flu

Sedang Masuk Angin? Makan Sup Ayam Saja

Perawatan Kecantikan Murah, Cuma Pakai Kunyit

Ini Nih, Ice Cream Yang Bisa Menangkal Flu

Peroleh Kekebalan Tubuh Lewat Daun Bawang

Cegah Penyakit Ginjal Dengan Jeruk Nipis

Agar Bebas Sembelit, Jangan Lupa Konsumsi Buah Ini







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

14 April - 20 April
Sedang semangat sekali di minggu ini bekerja keras memang harus dilakukan...